Gelar Aksi Anti Rasis, GEMA Sumbawa Akan Turunkan 1500 Orang

Sumbawa, PSnews – Penghinaan terhadap Gubernur NTB, DR TGH M Zainul Majdi MA menuai reaksi keras dari warga NTB termasuk Sumbawa. Cemooh yang dilakukan warga Jakarta berdarah Thionghoa – Steven Hadisudiryo Sulistyo (SHS) di Airport Changi – Singapura beberapa waktu lalu terhadap Gubernur itu dianggap tamparan keras bagi warga setempat.

Setelah terjadi gelombang aksi dari berbagai pihak di Pulau Lombok, kini reaksi protes merentet hingga Kabupaten Sumbawa. Sekelompok warga yang menmakan dirinya Gerakan Masyarakat (GEMA) Sumbawa Anti Rasis berencana menggelar aksi pada hari Rabu (19/04/2017).

Rencana ini diungkapkan Kordinator umum Aksi -H. Mas’un SPd, SH didampingi Sekretaris Aksi – Alimin QH, SAg dan Korlap Aksi – H. Jamaluddin, MT dan Hafifuddin Hafidz SH pada media ini Selasa (18/04/2017).
Ma’sun mengatakan aksi damai ini sebagai bentuk sikap warga Sumbawa atas penghinaan yang dilakukan oleh Steven HS terhadap Gubernur NTB. “Kami menuntut Steven agar segera diproses hukum. Walaupun sudah ada pernyataan maaf secara tertulis namun hal itu sifatnya pribadi. Ini menyangkut persatuan dan kesatuan bangsa. Ucapan Steven sangat menyakiti hati warga NTB. Kami menuntut keadilan hukum dengan cara damai,” tegas Mas’un.

Aksi damai yang akan dilakukan dalam bentuk long march sambil berorari di sepanjang jalan yang dilalui. Aksi diawali dari Masjid Agung Nurul Huda Sumbawa Besar hingga Polres Sumbawa yang melibatkan sekitar 1.500 orang. “Massa aksi terdiri dari tokoh agama, tokoh masyarakat, alim ulama, tokoh pemuda serta berbagai organisasi seperti KNPI, NW, Pemuda Pancasila, NU, Muhammadiyah, Himpunan Keluarga Madura (Hikma) Sumbawa, FKUB, Parisada Hindu Dharma, serta Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Sumbawa,” paparnya. (PSj)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment