Pasar Utan Direlokasi, Langam dan Labuhan Direvitalisasi

Sumbawa, PSnews – Dalam tahun ini Pemkab Sumbawa bakal melakukan relokasi terhadap Pasar Utan di Kecamatan Utan. Sebab, lokasi yang ada saat ini terlalu sempit dan tidak dapat untuk dikembangkan. Selain itu, Pemda juga akan merevitalisasi terhadap dua pasar lainnya.

Sebagaimana diungkapkan Kabid Pasar Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa – Arif Alamsyah kepada wartawan Rabu (5/4/2017). Untuk Pasar Utan yang baru rencananya dibangun diwilayah Desa Motong. Pemda menganggarkan pengadaan lahan senilai Rp 1,5 miliar. Sementara untuk pembangunannya disediakan anggaran juga sebesar Rp 1,5 miliar. ‘’Sekarang dalam proses pembebasan lahan. Setelah itu kita lakukan perencanaan pembangunan,’’ terangnya.

Menurutnya, dipindahkannya Pasar Utan ini ke tempat yang baru, karena pasar yang lama lokasinya sangat sempit dan tidak dapat dikembangkan, lantaran lokasinya pun ditenagh pemukiman warga. Sehingga tidak dapat menampung jumlah pedagang yang membludak. ‘’Lokasi yang baru ini luasnya sekitar 2 hektar. Sementara yang lama hanya 16 are,’’ ungkap Arif.

Selain relokasi Pasar Utan, Pemda juga segera melakukan revitalisasi terhadap dua pasar lainnya yakni Pasar Langam di Kecamatan Lopok, dan Pasar Labuhan di Kecamatan Labuhan Badas. Terhadap  Pasar Langam, anggarannya bersumber dari DAK senilai Rp 2,5 miliar. ‘’Kita renovasi dibagian depan dahulu, karena kios depan itu dibangun tahun 1981, dan belum pernah direhab. Ini juga sebagai usulan masyarakat yang muncul di setiap Musrenbang,’’ tuturnya.

Kemudian tahun ini juga ada rencana penambahan kios di Pasar Labuhan yang anggarannya Rp 260 juta. Ini merupakan lanjutan dari pembangunan sebelumnya. ‘’Sekarang ada tiga kios yang sudah terbangun. Kita akan tambah lagi satu kios,’’ tukasnya. Seraya menambahkan, untuk Pasar Induk di belakang Terminal Sumer Payung, Pemda sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp 2 miliar untuk pematangan lahan, serta perencanaan dan pengawasan. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *