Bupati Klaim Sektor Kehidupan di Sumbawa Kian Maju

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – M Husni Djibril mengklaim bahwa sektor kehidupan di Kabupaten Sumbawa terus menunjukkan kemajuan, mampu mensejajarkan diri bahkan melangkah lebih maju dibandingkan daerah lain di belahan nusantara. Hal itu terutama dirasakan di seluruh sektor kehidupan.

“Seiring dengan bertambahnya usia, Kabupaten Sumbawa yang kita cintai ini terus menapak maju mengejar ketertinggalan,’’ tutur Bupati saat upacara perayaan HUT Kabupaten Sumbawa ke 58 di halaman kantor Bupati Minggu (22/1/2017).

Pada bidang transportasi misalnya, saat ini dirasakan semakin mudahnya akses dari dan menuju ke Sumbawa. Apalagi arus transportasi udara sekarang ini cukup padat. Akses transportasi darat dan laut pun tak kalah mudahnya, 24 jam non stop hingga arus manusia dan barang semakin lancar. Rasio jalan mantap terus meningkat dari tahun ke tahun. Di sektor perdagangan juga dinilai terus tumbuh. Usaha mikro kecil dan menengah semakin bergairah, pasar tradisionil tidak lagi mampu menampung pembeli dan penjual yang semakin membeludak di tiap harinya. Pasar modern semakin bergeliat, bersinergi melayani pangsa pasarnya masing-masing.

Begitu pula dalam bidang pendidikan, fasilitas pendidikan dari PAUD, pendidikan dasar, hingga pendidikan menengah tersebar merata di Kabupaten Sumbawa. bahkan kemajuan di bidang pendidikan tinggi pun tidak kalah geliatnya. Saat ini ada beberapa perguruan tinggi terus menunjukkan prestasi dalam skala nasional bahkan internasional. Dalam bidang pertanian kemajuan juga begitu terasa. Produksi padi terus meningkat, hingga Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu lumbung beras yang menopang keberlanjutan program ketahanan pangan secara nasional. Produksi jagung melimpah ruah, demikian juga dengan hasil ternak utamanya sapi, kerbau dan kuda yang penjualannya menjangkau ke pulau Jawa, Kalimantan dan Sulawesi. “Apa yang kita nikmati hari ini tentu tidak terjadi begitu saja. Sebagian kemajuan yang telah saya uraikan  adalah buah dari suatu proses panjang yang telah diikhtiarkan oleh pemimpin-pemimpin kita terdahulu bersama seluruh elemen masyarakat,’’ paparnya.

Menurut Bupati, salah satu janji yang disampaikan saat Pilkada lalu telah diwujudkan, yakni memberikan apresiasi kepada pemimpin terdahulu dengan mengabadikan namanya pada fasilitas strategis yang dimiliki Pemerintah Daerah. Dimana Bandara Sumbawa telah berganti nama menjadi Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III. Namun masih ada beberapa fasilitas yang belum diberikan nama, seperti RSUD Sumbawa, ruang pertemuan lantai tiga dan lantai satu kantor Bupati Sumbawa juga belum memiliki nama. Demikian pula dengan ruang terbuka hijau dan beberapa fasilitas strategis lainnya. “Jadi pada kesempatan ini saya minta kepada Pak Sekda dan jajarannya untuk menyiapkan regulasi dalam rangka merealisasikan janji saya tersebut,’’ ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Pemkab Sumbawa juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang tersebar dalam berbagai profesi. Kepada guru dan dosen yang telah berkiprah meningkatkan kualitas sumberdaya manusia daerah. Kepada petani, peternak, nelayan, pedagang yang bekerja begitu keras guna menghadirkan kesejahteraan di daerah ini. Kepada seluruh ASN yang berusaha keras menghadirkan pelayanan publik berkualitas tinggi. Kepada pegiat organsiasi kemasyarakatan, organisasi keagamaan serta organisasi politik yang selalu berkiprah melakukan pemberdayaan dan tanpa lelah memperjuangkan hak-hak  masyarakat, serta lainnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *