Pol PP Antisipasi Pesta Obat di Malam Tahun Baru

Sumbawa, PSnews – Dalam beberapa operasi yang dilakukan aparat Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa bersama pihak terkait lainnya berhasil mengamankan muda-mudi pengguna obat-obatan sejenis komix dan tramadol. Tidak tutup kemungkinan, pada perayaan Tahun Baru 2017 mendatang disalahgunakan oleh sekelompok muda-mudi yang pesta obat. Untuk itu, Pol PP pun melakukan beberapa langkah antisipasi.

Sebagaimana disampaikan Kasat Pol PP Sumbawa – Edy Ratno Sanjaya kepada wartawan Rabu (21/12/2016). Peredaran miras jenis arak, menurutnya sudah mulai berkurang. Sementara obat jenis komix dan tramadol sangat mudah untuk didapatkan. Sehingga pihaknya menduga pesta obat ini akan marak terjadi pada malam pergantian tahun nanti. ‘’Saya juga yakni pada moment tahun baru ini banyak yang mempergunakan obat itu, makanya kita perlu langkah antisipasi,’’ tukasnya.

Sejumlah langkah antisipasi sudah mulai dilakukan. Seperti intens menggelar operasi bersama pihak terkait lainnya. Selain itu, pihaknya juga sudah memegang lokasi yang sering digunakan untuk pesta obat. Membangun koordinasi dengan Polisi. Termasuk berencana melakukan MoU dengan Dinas Diknas, mengingat sejauh ini cukup banyak kalangan pelajar yang diamankan, selain karena bolos juga ditemukan obat di tasnya. Begitu pula dengan Dinas Kesehatan untuk masalah kesehatannya. ‘’Sekarang obat ini yang paling sulit diantisipasi. Tentu nanti kita juga akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan juga. Karena selalu ada perkembangan terhadap minuman oplosan ini yang dicampur obat,’’ pungkasnya.

Sementara untuk dugaan munculnya penyalahgunaan obat jenis lain seperti Ifarsil, pihaknya harus melakukan uji laboratorium terlebih dahulu, sebelum melakukan penindakan. ‘’Untuk obat baru itu, kami tidak bisa bertindak sekarang. Lain halnya seperti Komix, itu yang sudah ada hasil uji lab, dan itu terbukti kalau dikonsumsi lebih akan berdampak. Begitu juga kalau ada barang baru itu, tentu kita akan masukkan ke uji lab lagi, kita akan koordinasikan dengan Dinas terkait,’’ demikian Edy. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *