Camat dan Muspika Segera Temui Pelaku Tambang Ilegal Alas

Sumbawa, PSnews – Setelah sebelumnya pernah dilakukan penertiban terhadap pelaku penambangan ilegal di Kecamatan Alas. Namun aksi tersebut kembali muncul dalam beberapa minggu terakhir. Sehingga Pemerintah Kecamatan bersama unsur Muspika setempat berencana menemui para pelaku tambang yang sebagian besar berasal dari warga sekitar.

Sebagaimana disampaikan Camat Alas – Heri Herianto Diaz kepada wartawan Jumat (25/11/2016). Ia mengakui kalau penertiban terhadap aksi penambangan liar di sekitar wilayah Juran Alas tersebut pernah dilakukan. Namun saat ini kegiatan tersebut muncul kembali.

Informasi yang diterima, kata Heri, masyarakat berani melakukan aksi itu kembali karena ada kebijakan yang memperbolehkan masyarakat lokal melakukan penambangan, walaupun hal itu ilegal. ‘’Itu informasi yang saya terima. Sehingga saat ini berjalan kembali,’’ tuturnya.

Bahkan saat ini masyarakat sekitar tambang mulai merasa terganggu dengan keberadaan gelondong. Terutama suara mesin yang dinilai sangat bising. ‘’Ada sebagian yang merasa terganggu, itu karena keberadaan gelondong kaitan dengan suara yang ditimbulkan. Ini salah satu yang langsung saya serap dari warga,’’ tukasnya.

Untuk itu, terhadap aksi penambangan  ilegal yang kembali muncul tersebut. Pihaknya bersama unsur Muspika setempat akan melakukan pertemuan dengan para pelaku tambang. Untuk memberikan sosialisasi dan pembinaan terkait kegiatan yang dilakukan tersebut. Baik memberikan informasi terkait dampak yang akan terjadi terhadap alam, lingkungan, serta dampak lainnya akibat penambangan ilegal itu. ‘’Kita disini perannya bukan sebagai eksekutor. Kami hanya sebagai koordinator wilayah Kecamatan, mengkomunikasikan dengan teman-teman Muspika, bagaimana baiknya langkah yang dilakukan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *