Peringatan Hari Pahlawan di Sumbawa Berjalan Hikmat

Sumbawa, PSnews – Memperingati Hari Pahlawan tahun 2016, Pemkab Sumbawa menggelar Upacara bendera, ziarah taman makam pahlawan dan ziarah tabur bunga yang masing – masing digelar di tiga lokasi yang berbeda. Dimana upacara bendera di halaman kantor Bupati Sumbawa yang dipimpin langsung oleh Bupati Sumbawa, ziarah taman makam pahlawan di taman makam pahlawan Sumbawa yang dipimpin Dandim 1607 Sumbawa, serta ziarah tabur bunga di Pelabuhan Badas yang dipimpin Kapolres Sumbawa.

Dalam upacara Hari Pahlawan yang digelar Kamis (10/11/2016) berjalan hikmat. Bupati Sumbawa HM Husni Djibril yang membacakan sambutan Menteri Sosial Republik Indonesi mengatakan, setiap tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan, sebagai momen reflektif untuk memberi makna atas pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa, dengan menyalakan jiwa kepahlawanan dalam perjuangan mengisi kemerdekaan.

Gerakan revolusi mental diharapkan bisa mendorong gerakan hidup baru, dalam bentuk perombakan cara berfikir, cara kerja, cara hidup, yang merintangi kemajuan, peningkatan dan pembangunan cara berfikir, cara kerja, dan cara hidup yang baik. Melalui momentum peringatan Hari Pahlawan yang dilaksanakan dengan berbagai kegiatan, dapat diambil makna yang terkandung didalamnya dengan meneladani nilai-nilai luhur yang diwariskan kepada semua seperti taqwa kepada Tuhan YME, pantang menyerah, jujur dan adil, percaya kepada kemampuan sendiri serta kerja keras untuk membangun Indonesia yang sejahtera sebagaimana cita-cita para pahlawan bangsa.

Dengan suatu tekad dan ketulusan untuk bersama-sama saling bahu-membahu dan dilandasi oleh makna dan nilai integritas, etos kerja dan gotong royong, bangsa Indonesia dapat mengatasi berbagai permasalahan yang melanda, dan dapat menjadi bangsa “pemenang” mampu bersaing dengan negara dan bangsa lain. Hal ini sejalan dengan tema hari pahlawan 2016 yaitu: Satukan Langkah Untuk Negeri. ‘’Selain itu melalui peringatan hari pahlawan 2016 sebagai bangsa yang besar, bangsa yang harus menghargai jasa para pahlawannya, peringatan Hari Pahlawan diharapkan pula dapat lebih membangkitkan semangat kebangsaan, menumbuh kembangkan nilai-nilai kepahlawanan serta meningkatkan kecintaan kepada tanah air kita dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,’’ pungkasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa pun memberikan selamat kepada para veteran yang juga hadir pada upacara tersebut. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment