Menko Maritim Minta Hajar Pelaku Ilegal Loging

Sumbawa, PSnews – Aksi ilegal loging di wilayah Kabupaten Sumbawa semakin memperihatinkan. Bahkan hal itu menjadi perhatian Menteri Koordinator Kemaritiman RI – Luhut Binsar Panjaitan saat berkunjung ke Sumbawa Senin (24/10/2016). Luhut meminta seluruh elemen di Kabupaten Sumbawa, baik Pemerintah Daerah, penegak hukum (TNI dan Polri), serta masyarakat untuk menghajar pelaku ilegal loging.

Kayu diduga hasil ilegal logging diamankan di Makodim 1607 Sumbawa
Kayu diduga hasil ilegal logging diamankan di Makodim 1607 Sumbawa

“Pak Husni (Bupati Sumbawa) tidak usah takut. Kalau ada apa-apa, bisa langsung telpon saya. Biar kita hajar ramai-ramai itu yang nyuri-nyuri kayu. Karena sudah cukup. Itu nanti motongin hutan-hutan, kasihan generasi anak cucu kita nanti yang menghadapi masalahnya,’’ tandasnya dalam dialog di ruang Bupati Sumbawa.

Termasuk kepada Dandim 1607 Sumbawa, Menko Luhut meminta agar membangun koordinasi dengan Kapolres Sumbawa dalam menindak pelaku ilegal loging. Pasalnya hutan harus dipelihara secara bersama-sama. Sehingga oknum pelaku harus ditindak tegas. “TNI berkoordinasi dengan Polisi. Kalau TNI yang nangkap, nanti Polisi yang proses hukumnya. Sudah cukup. Masa’ ada maling kayu sepanjang tahun,’’ cetusnya.

Sebelumnya, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengungkapkan, sejak dirinya bersama Wakil Bupati – Mahmud Abdullah dilantik sebagai Kepala Daerah, mereka langsung menyatakan perang terhadap ilegal loging. “Sekarang sudah jalan delapan bulan. Apalagi ada instruksi Gubernur NTB yang meminta agar pelaku ditindak tegas,’’ terangnya.

Di tempat yang sama, Dandim 1607 Letkol Arm Sumanto mengungkapkan, pihaknya sangat komit untuk memberantas ilegal loging. Sejauh ini sudah ada 20 truk pengangkut kayu yang diduga ilegal yang berhasil ditangkap. Semua truk tersebut saat ini dititipkan di Makodim 1607 Sumbawa Besar oleh Dinas Kehutanan NTB dan masih dalam proses.
“Kenapa kami komitmen, karena potensi di Sumbawa ini luar biasa. Kami ke hutan menemukan sumber air yang bisa dibuat untuk bendungan. Kalau masih ada ilegal loging, kami khawatir akan merusak lingkungan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *