Puluhan Wisman Kunjungi Obyek Wisata Budaya Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 79 wisatawan mancanegera (Wisman) melakukan pelayaran wisata menggunakan kapal pesiar ‘Caledonian Sky’ dari Pulau Komodo menuju Benoa Bali. Namun mereka menyempatkan singgah di Kabupaten Sumbawa, Rabu (28/9/2016) untuk mengunjungi beberapa obyek wisata budaya.

Kapal Pesiar Caledonian Sky nyandar di Pelabuhan Badas Sumbawa
Kapal Pesiar Caledonian Sky nyandar di Pelabuhan Badas Sumbawa

Meski kedatangan para wisatawan dari berbagai negara ini bertepatan dengan pelaksanaan Festival Moyo 2016, namun tidak berkesempatan menyaksikan even-even festival yang diselenggarakan oleh Pemda setempat.
Kapal mereka bersandar di Pelabuhan Badas untuk kemudian melakukan perjalanan wisata yang dimulai dari Dusun Pamulung Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas yang dikoordinir oleh Kencana Hotel Managemen. Di Pamulung para pelancong ini disuguhkan dengan atraksi barapan kebo, ngumang dan kegiatan budaya lainnya. Bahkan ada salah seorang wisman yang mencoba sensasi menaiki ‘kareng’ barapan kebo, walaupun terjatuh. “Mereka sangat enjoy setelah menginjakkan kaki di Sumbawa,’’ ungkap Wati, Koordinator Guide Kencana Hotel Managemen.

Setelah itu, seluruh wisman diajak ke Istana Dalam Loka. Kedatangan mereka disambut Sekretaris Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Sumbawa – Nurhinsyah dan Kabag Humas Setda Sumbawa – Rachman Ansori. Termasuk sejumlah staf di Disporabudpar yang membagikan buku ‘Sumbawa Tourism Map’ kepada para wisman. Para wisman dikenalkan dengan sejarah Kerajaan Sumbawa, hingga kebudayaan yang ada. “Kami sangat bangga dengan kunjungan ini,’’ ujar Pincun – sebutan akrab Nurhinsyah.

Pincun membagikan buku Sumbawa Tourism Map pada para wisman
Pincun dengan kepiawaiannya berbahasa Inggris membagikan buku SUMBAWA TOURISM MAP pada para wisman

Terhadap keberadaan lokasi wisata di Kabupaten Sumbawa, Pincun mengaku akan terus melakukan pembenahan dan evaluasi. Hal ini sesuai dengan amanat Bupati kepada Disporabudpar saat pembukaan Festival Moyo. “Kami akan terus membangun komunikasi dan koordinasi dengan para pelaku wisata, para pemandu wisata baik yang ada di Kabupaten Sumbawa maupun di Lombok dan Bali. Terutama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumbawa,’’ tandasnya.

Rachman Ansori membagikan buku-SUMBAWA TOURISM MAP sambil melempar senyum khasnya pada para wisman
Rachman Ansori membagikan buku SUMBAWA TOURISM MAP sambil melempar senyum khasnya pada para wisman

Pada kesempatan yang sama, Kabag Humas – Rachman Ansori menambahkan, pada bulan Desember mendatang Kabupaten Sumbawa juga akan kedatangan sekitar 150 wisman menggunakan kapal pesiar. Terkait hal ini pihaknya akan melaporkan ke Pimpinan Daerah untuk bersama-sama dengan elemen terkait melakukan persiapan khususnya di sekitar kota Sumbawa Besar.

Setelah menyambut dan memandu para wisman di Istana Dalam Loka, selanjutnya Pincun dan Ansori, serta staf lainnya mengantar para wisman ke Pelabuhan Badas. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *