Alas Barat Siapkan Desa Gontar Hadapi Lomba UP2K

Sumbawa, PSnews – Pelaksanaan lomba Administrasi PKK, Administrasi Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) dan Administrasi Dasawisma tingkat Kabupaten Sumbawa bakal terlaksana dalam waktu dekat. Kegiatan itu diikuti masing–masing perwakilan kecamatan, termasuk Kecamatan Alas Barat yang saat ini sudah mulai mempersiapkan diri. 

Kepada wartawan, Camat Alas Barat – Iwan Sofyan mengatakan, persiapan yang telah dilakukan oleh tim penggerak PKK Kecamatan Alas Barat yakni memilih desa mana yang dianggap layak untuk mengikuti perlombaan tersebut. Dari semua desa yang ada di Alas Barat, hanya Desa Gontar yang masuk dalam kriteria.

Menurut Iwan, dipilihnya Desa Gontar karena dilihat dari adanya dukungan Program dari Pemerintah Desa sendiri. Dimana UP2K Desa Gontar dari tahun 2015 telah mengantongi modal awal sebanyak Rp 15 juta dan ditambah dengan tahun 2016 ini sebanyak Rp 15 juta. Sehingga dana yang telah tesedia mencapai Rp 30 juta. “Pola penyaluran yang dilakukan, yakni memberikan pinjaman kepada perorangnya sebanyak Rp 2,5 juta dengan sistem pengembalian selama 5 bulan, yaitu modal plus tambah jasa sebesar Rp 100 ribu. Dan pengembalian tersebut akan dihitung per triwulannya oleh pengurus. Pola itulah yang saat ini masih terus dikembangkan oleh UP2K Desa Gontar,’’ terangnya.

Iwan berharap, apa yang telah dikembangkan oleh UP2K Desa Gontar menjadi contoh dan motivasi bagi desa – desa lainnya di Alas Barat. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *