Inilah Harapan Pemkab Sumbawa pada PT AMI

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa nampaknya menaruh harapan lebih kepada perusahaan nasional yang kini menguasai saham PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT).  Sebelumnya, PT Medco Energi Internasional Tbk pada Kamis lalu mengumumkan telah melakukan akuisisi saham PT Amman Mineral Internasional (AMI), yang menguasai 82,2 persen saham PTNNT, dengan nilai transaksi 2,6 miliar dolar AS atau Rp 33,8 triliun.

Terhadap hal tersebut, Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah berharap pada PT AMI sebagai pemegang saham mayoritas PTNNT agar bisa melakukan pemberdayaan masyarakat terutama dalam perekrutan tenaga kerja lokal Sumbawa, Sumbawa Barat dan NTB dalam porsi besar. Tentunya setelah adanya peralihan kepemilikan saham ini. “Kita harap pemilik saham mayoritas yang baru dapat memberikan konstribusinya secara maksimal kepada daerah dan masyarakat,’’ ujarnya kepada wartawan Jumat (1/7/2016).

Selain itu, Haji Mo – panggilan akrab Wabup Sumbawa juga berharap agar kegiatan eksplorasi PTNNT di kawasan hutan Dodo Rinti Kecamatan Ropang Kabupaten Sumbawa bisa dilanjutkan. Pasalnya dengan geliatnya pertambangan di daerah, diyakini akan memberikan dampak positif bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat setempat.

Hal senada juga disampaikan Sekda Sumbawa – Rasyidi, yang mengaku bahwa Pemda Sumbawa menyambut positif atas kepemilikan saham PTNNT kini dipegang pengusaha dalam negeri. Sehingga diharapkan kebijakannya nanti akan memihak kepada kepentingan rakyat Indonesia. Terutama permasalahan daerah yang berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat dan program-program pembangunan yang menjadi kewajiban perusahaan sebagai bentuk tanggung sosial di daerah tempatnya berinvestasi. Tentu harapannya bisa lebih baik dari sebelumnya.

Sementara Ketua DPRD Sumbawa – Budi Suryata berharap agar PT AMI bisa merealisasikan pembangunan smelter di dalam negeri, terutama di daerah penghasil sebagaimana sesuai harapan masyarakat di NTB khususnya Kabupaten Sumbawa. “Undang-undang mengamanatkan kalau sekarang eranya pertambangan peningkatan nilai tambah. Mulai dari rekrutmen tenaga kerja kemudian pengelolaan limbahnya, dan pembangunan smelter. Karena terlaksananya kewajiban perusahaan ini akan memberikan multiplier effect yang luar biasa terutama dalam upaya mengentaskan pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *