Pemda Diminta Optimalkan Tim Terpadu Hadapi PETI

Sumbawa, PSnews – Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kabupaten Sumbawa meminta Pemeirntah Daerah untuk mengotimalkan keberadaan Tim Terpadu terhadap aksi penambangan liar atau penambangan emas tanpa izin (PETI) yang kian marak belakanga ini. Hal ini disampaikan juru bicara Pansus, Andi Rusni melalui sidang paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa Kamis (23/6/2016).

Pansus DPRD menganggap, penertiban itu penting dilakukan agar kerusakan lingkungan dapat diminimalisir, terutama di sejumlah lokasi yang sedang marak, seperti di Marente Kecamatan Alas, Kecamatan Lantung dan Kecamatan Ropang dan lain-lain.

Demikian pula Pansus DPRD mempertanyakan kejelasan keberadaan PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) di Kabupaten Sumbawa. Khususnya soal kegiatan pertambangan yang akan dilakukan di wilayah konsesi Dodo РRinti Kecamatan Ropang. Pansus DPRD mendorong Pemda untuk melakukan komunikasi intensif dengan manajemen PTNNT terkait kesungguhan melakukan kegiatan pertambangan di Kabupaten Sumbawa, terutama pada daerah konsesi Dodo dan Rinti. Jika dalam proses negosiasi tersebut PTNNT tidak serius dan terkesan mengulur-ulur waktu, maka perlu dilakukan komunikasi intensif dengan Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Pusat untuk melakukan lelang atas wilayah tambang tersebut. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *