Bupati Lantik 28 Kepala SD dan SMP

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa HM Husni Djibril melantik 28 Kepala Sekolah tingkat SD dan SMP. Kegiatan yang terlaksana Jumat (13/5/2016) di aula lantai 3 kantor Bupati Sumbawa, turut disaksikan Wakil Bupati Sumbawa, Sekda, Wakil Ketua DPRD, Ketua TP PKK, para Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati, perwakilan Forkopimda, serta para Kepala SKPD Kabupaten Sumbawa.

sejumlah kepsek dilanikAdapun yang dilantik tersebut terdiri dari 25 Kepsek tingkat SD dan 3 Kepsek tingkat SMP. Berdasarkan SK Bupati Sumbawa nomor 584 tahun 2016 tentang pengangkatan, pemindahan, dan pemberhentian Pegawai Negeri Sipil dalam jabatan tenaga kependidikan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumbawa.

Kepala Sekolah yang dilantik diantaranya, Massamin SPd sebagai Kepala SDN Seseng Kecamatan Rhee, Sumiatun, S.Pd,SD sebagai Kepala SDN Lamurung Kecamatan Lenangguar, Abdul Hamid S.Pd sebagai Kepala SDN Nyanyiring Kecamatan Empang, Sudirman Hamid, S.Pdi sebagai Kepala SDN Poto Kecamatan Moyo Hilir, Abdul Latief A.Ma.Pd sebagai Kepala SDN Kuris Kecamatan Lape, Amirudin, S.Pd sebagai Kepala SDN 7 Sumbawa, Sri Endang Sukawati, S.Pd sebagai Kepala SDN Kebayan Kecamatan Sumbawa, Daruka, S.Pd sebagai Kepala SMPN 3 Moyo Hulu, Kecamatan Moyo Hulu, Iwan Sumantry S.Pd sebagai Kepala SMPN 1 Lantung Kecamatan Lantung, Sufyan S.Pd sebagai Kepala SMPN 1 Ropang Kecamatan Ropang. “Ini hari pertama saya melantik PNS,’’ turut Bupati.

Dirinya berharap, agar Kepala Sekolah yang dilantik tersebut dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab sebaik – baiknya. Ditegaskan, jabatan kepala sekolah merupakan tugas tambahan bagi pejabat fungsional guru, yang dalam pengisiannya memerlukan proses yang lebih ketat jika dibandingkan dengan jabatan struktural. Selain harus lulus dalam seleksi administrasi dan akademis, seorang kepala sekolah harus menguasai kompetensi kepribadian, sosial, manajerial, supervisi serta mempunyai kompetensi kewirausahaan. Hal tersebut dibutuhkan karena kepala sekolah harus menjadi garda terdepan dalam upaya pembentukan karakter peserta didik yang cerdas, berdaya saing, berakhlakul karimah dan memiliki rasa nasionalisme dan patriotisme yang kuat.

Selain pemahaman terhadap tugas, lanjut Bupati, disiplin juga memiliki kedudukan penting dalam keberhasilan kerja. Akumulasi dari pemahaman tugas, fungsi dan tanggung jawab serta kedisiplinan tersebut akan membentuk para sahabat menjadi aparatur sekaligus pendidik yang berkualitas.

Secara khusus, Bupati meminta para Kepala Sekolah untuk meningkatkan konsolidasi intern unit kerja para sahabat, dengan membentuk sebuah team work yang tangguh bersama bawahan maupun orang tua murid. Kemudian jangan segan-segan untuk melakukan koordinasi ataupun konsultasi khususnya kepada dinas pendidikan maupun lembaga teknis lainnya dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan. Serta dalam melaksanakan tugas kiranya senantiasa memelihara dan menciptakan iklim yang kondusif khususnya pada proses belajar-mengajar. “Janganlah terjebak dalam kinerja yang terkesan rutinitas, bekerjalah dengan ikhlas penuh inovasi dan kreativitas yang dilandasi semangat untuk memperoleh ridho dan karunia Allah. Saya yakin bila hal-hal tersebut para sahabat terapkan maka peningkatan mutu sekolah akan tercapai yang akan bermuara pada peningkatan kualitas anak didik. Dan semoga di tahun 2016 ini tingkat kelulusan anak-anak didik kita di semua tingkatan di Tana Samawa dapat mencapai angka 100 persen,’’ demikian kata Bupati. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *