Tim Percepatan SAMOTA Mulai Bergerak

Sumbawa, PSnews – Pengerjaan ruas jalan by pass lingkar utara atau jalan SAMOTA ( Teluk Saleh, Pulau Moyo, Tambora ) sempat terhenti lantaran menemui beberapa kendala, antara lain soal status lahan. Pemerintah pun tetap berupaya melanjutkan proyek tersebut. Bahkan saat ini sudah dibentuk Tim Percepatan Samota dan mulai bergerak untuk mencari titik terang agar program dimaksud bisa kembali dilanjutkan.

Informsi ini diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang – Lalu Suharmaji Kertawijaya kepada wartawan Selasa (10/1/2017).
“Gubernur NTB HM Zainul Majdi telah membentuk Tim Percepatan Samota yang diketuai oleh H Badrul Munir. Bersama Tim dari Provinsi, Dinas PUPR turun ke lapangan untuk mengetahui kendala apa yang terjadi terhadap proyek tersebut,” papar Suharmaji.

Lalu Suharmaji Kertawijaya

Selain mencari apa kendala yang dihadapi, juga melihat titik-titik mana saja yang perlu mendapat prioritas utama untuk segera ditangani. Salah satunya soal jalan ini yang memang saat ini dihentikan pengerjaannya.
“Kita mau pengecekan untuk percepatan SAMOTA bersama tim dari Provinsi. Banyak hal yang kita cek, seperti terhadap mandeknya pengerjaan jalan, juga percepatan supaya akses masyarakat di daerah sana segera terpenuhi,’’ jelasnya.

Diungkapkan, dari 24,5 kilometer total panjang ruas jalan SAMOTA yang rencananya dikerjakan, sampai saat ini baru sekitar 10 kilometer yang sudah tuntas. Jalan tersebut dari samping SMPN 1 Labuhan Badas sampai batas lahan PT Ladang Artha Buana (PT.Labu) sekitar 6 kilometer dan 4 kilometernya lagi dari pintu masuk Desa Limung Kecamatan Moyo Utara sampai akhir ruas di titik 24,5 kilometer di Desa setempat.
“Yang belum itu dari PT Labu sampai Limung atau Km 20. Total yang belum dikerjakan sepanjang 14,5 Kilometer. Termasuk wilayah Desa Penyaring yang juga belum dikerjakan,’’ terangnya.

Sementara untuk kelanjutan proyek jembatan yang berlokasi di belakang SMPN 1 Labuhan Badas, dalam waktu dekat akan dikerjakan karena dalam tahun ini sudah ada pemenang tendernya dan sudah mulai persiapan untuk pengerjaan. “Kita prioritaskan dengan tim itu apa saja yang akan kita perbuat untuk percepatan. Target kita sebenarnya ini sudah selesai, tapi karena ada kendala-kendala makanya belum tuntas. Kita akan koordinasikan kembali dengan tim untuk target percepatan ini,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *