DKP Sumbawa Perioritaskan Pengembangan Udang dan Rumput Laut

Sumbawa, PSnews – Cukup banyak pontensi Kabupatne Sumbawa di bidang perikanan, seperti, udang, rumput laut, teripang, ubur-ubur, kerang-kerangan, bandeng. Namun Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbawa lebih memperioritaskan udang dan rumput laut untuk dikembangkan.

Demikian diungkapkan Kepala DKP Kabupaten Sumbawa – Junaidi kepada Pulau Sumbawa News Jumat (5/8/2016). Potensi udang dan rumput laut Kabupaten Sumbawa cukup tinggi. Udang dinilai sangat cocok menjadi komoditas ekspor. Potensi tambak udang dan rumput laut Sumbawa paling besar di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Bahkan secara nasional Kabupaten Sumbawa masuk dalam 10 besar penghasil udang dan rumput laut.

Karena kondisi itu, lanjut Junaidi, sehingga dua komoditas tersebut lebih dominan untuk dikembangkan. “Dari segi potensi 60 persen lahan budidaya rumput laut sudah digarap, sementara untuk pengembangan budidaya udang baru mencapai 23 persen. Untuk mengoptimalkan potensi tersebut ditempuh melalui pola kemitraan dengan para pengusaha,’’ terangnya.

Untuk itu, pengembangan budidaya udang dan rumput laut sangat berpotensi untuk didorong, karena bisa dikelola langsung masyarakat secara massal. Selain itu dari sisi tekhnologi, khusus budidaya udang dan rumput laut para petani sudah mempunyai kemampuan. Sedangkan untuk budidaya udang, pengusaha bisa bermitra dengan para petambak. “Tekonologi untuk pengelolaan rumput laut juga sudah bagus dan bisa digunakan oleh pengusaha kecil,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *