FIAN Beri Edukasi Bahaya Narkoba ke Siswa SMKN 1 Lopok

Sumbawa, PSnews – Keberadaan Forum Indonesia Anti Narkoba (FIAN) sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan di Kabupaten Sumbawa kian dikenal. Apalagi saat ini sudah menjalankan program kunjungan ke sekolah. Dimana sekolah pertama yang dikunjungi yakni SMK Negeri 1 Lopok, pada Rabu (22/7).

Dalam kegiatan yang dihadiri ratusan siswa tersebut, Ketua DPD FIAN Kabupaten Sumbawa – Kusmanto memberikan edukasi terkait bahaya penyalahgunaan narkoba sejak dini. Ini penting dilakukan karena merupakan satu langkah preventif untuk pencegahan penggunaan narkoba di lingkungan sekolah. ‘’Ini yang mendorong FIAN Sumbawa untuk melakukan penyuluhan akan bahayanya narkoba,’’ tuturnya kepada wartawan usai kegiatan.

Tujuan penyuluhan ke sekolah ini, kata Kusmanto, adalah untuk menciptakan generasi muda bebas dari narkoba. Siswa baru diberikan edukasi terkait definisi, jenis dan cara menghindari narkoba. Menurutnya, hal tersebut diperlukan karena saat ini narkoba tidak hanya menyerang usia 20 tahun ke atas, bahkan anak usia SD pun harus mewaspadai akan bahaya narkoba. ‘’Peredaran narkoba bukan hanya ditempat tertutup, tapi bisa dari pergaulan, dan sebagainya,’’ terang Haji Anto.

Kegiatan ini atas kerjasama antara pihak sekolah dengan Puskesmas Lopok yang ikut menggandeng FIAN Sumbawa. Para guru dan siswa yang hadir tampak antusias mengikuti sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba ini. ‘’Ini sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan anti narkoba pada kegiatan masa pengenalan lingkungan sekolah di SMKN 1 Lopok,’’ ujarnya.

Pada kesempatan itu, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, salah satu dokter dari Puskesmas Lopok – dr. Yogi Pratama Mustaram juga mengingatkan para peserta yang hadir untuk menjaga protokol kesehatan, dengan rajin mencuci tangan pakai sabun, menggunakan masker, makan makanan yang sehat serta lainnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *