RSUD Sumbawa Siapkan 800 Rapid Test Tahap Pertama

Sumbawa, PSnews – RSUD Sumbawa mulai melakukan pemeriksaan rapid test sejak Senin 8 Juni 2020. Dalam tahap pertama ini, telah disiapkan 800 rapid tes. Itu dilakukan secara gratis bagi pelajar / santri dan mahasiswa yang hendak kembali menuntut ilmu di luar Kabupaten Sumbawa. ‘’Kami siapkan sekitar 800 orang untuk tahap pertama. Jika kurang nanti kami ajukan lagi. Pokoknya berlanjut sesuai kebutuhan yang diperlukan,’’ tandas Direktur RSUD Sumbawa – dr. Dede Hasan Basri yang ditemui media ini Selasa (9/6/2020).

Menurutnya, selain untuk pelajar/santri dan mahasiswa, rapid test gratis ini juga diberlakukan bagi keluarga pasien yang akan dirujuk ke luar Kabupaten Sumbawa dengan maksimal 2 orang, pelaku perjalanan dinas dan tahanan. “Misalnya tahanan dari polres dipindahkan ke lapas itu membutuhkan rapid tes. Maksimal 10 orang per hari,’’ terangnya.

Lebih jauh dijelaskan, untuk masyarakat umum jika ingin melakukan rapid tes masih dikenakan biaya Rp 400 ribu. Nilai ini sudah dikurangi dari besaran biaya sebelumnya setelah RSUD Sumbawa melakukan pertemuan dengan DPRD Sumbawa beberapa waktu lalu.

Sementara berdasarkan surat edaran, rapid tes gratis dilakukan di RSUD Sumbawa untuk perjalanan dalam wilayah NTB. Sedangkan untuk perjalanan ke luar wilayah NTB dilakukan test PCR (swab) di Sumbawa Techno Park (STP).

Adapun persyaratannya yakni dengan melampirkan surat pernyataan dan fotocopy identitas diri seperti KTP, Kartu Pelajar/Mahasiswa, KK (Kartu Keluarga) atau tanda pengenal lainnya yang sah. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *