HUT ke-101, Bupati Salut Kiprah Satdamkar

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa M Husni Djibril mengaku salut dengan kiprah Satuan Pemadam Kebakaran (Satdamkar) Kabupaten Sumbawa selama beberapa tahun terakhir. Selain melakukan perlawanan terhadap kobaran api, baik di pemukiman penduduk, bangunan gedung publik, pasar dan berbagai tempat lainnya, petugas Satdamkar juga melakukan penyelamatan jiwa serta harta benda masyarakat, baik pada waktu kejadian kebakaran maupun bencana lainnya.

Upacara Senin pertama bulan Maret yang dirangkaikan dengan Peringatan HUT Ke-101 Satuan Pemadam Kebakaran serta HUT ke-46 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI)

Pengakuan ini disampaikan bupati melalui sambutan yang dibacakan Sekretaris Daerah Sumbawa Hasan Basri saat memimpin upacara Senin pertama bulan Maret yang dirangkaikan dengan Peringatan HUT Ke-101 Satuan Pemadam Kebakaran, pada Senin (2/3) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. “Tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas pemadam kebakaran yang dahulu dikenal dengan sebutan brandweer, dimana sejak tahun 1919 telah memberi pelayanan pencegahan, pemadaman kebakaran dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya,’’ terangnya.

Disampaikan, petugas pemadam kebakaran juga harus siap melayani panggilan masyarakat untuk melakukan pertolongan keselamatan jiwa pada bencana-bencana lainnya, seperti tertimbun longsor, terkepung banjir, bangunan runtuh, kecelakaan atau terjepit di kendaraan, tertimpa pohon tumbang, dan lain sebagainya. Pertolongan tidak hanya penyelamatan jiwa manusia tetapi juga habitat lainnya.

Upacara itu juga sekaligus memperingati HUT ke-46 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI). Tema HUT tahun ini  “Perawat Hebat, Rakyat Sehat”, maka perawat yang hebat adalah perawat yang terampil, cerdas, komunikatif, serta dapat menjalankan peran dan fungsinya dengan baik sesuai kode etik keperawatan. Diharapkan perawat sebagai profesi dapat memberikan pelayanan keperawatan kepada seluruh rakyat Indonesia sesuai kompetensi dan memenuhi standar praktik keperawatan berdasarkan cita-cita luhur, niat yang murni untuk keselamatan dan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan dalam memenuhi perannya sebagai pemberi pelayanan keperawatan.

Diakhir sambutannya, Bupati menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa agar mendukung dan mensukseskan pelaksanaan Pilkades serentak yang akan digelar pada tanggal 4 Maret 2020 mendatang di 119 desa. “Untuk itu saya menghimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa agar senantiasa mendukung pelaksanaan Pilkades serentak dengan cara ikut serta dalam menjaga kondusifitas lingkungan dan menciptakan suasana demokrasi yang aman, damai, dan sejuk. Jangan mudah terhasut dan jangan mudah terpengaruh oleh hal-hal yang merusak kebersamaan di tengah-tengah masyarakat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *