Rencana Pembangunan Pelabuhan Teluk Santong Disetujui Menteri BUMN

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa M Husni Djibril mengatakan, rencana pembangunan pelabuhan Teluk Santong telah mendapat persetujuan dari Menteri BUMN RI melalui Penyertaan Modal Negera (PMN). Anggaran untuk pembangunan tahap pertama direncanakan sebesar Rp 500 miliar. “Dari komunikasi yang dilakukan dengan Direktur PT. Pelindo III Surabaya, Doso Agung, rencana pembangunan Pelabuhan Tanjung Santong sudah mendapatkan persetujuan di Menteri BUMN,” tandas bupati yang ditemui di ruang kerjanya Senin (2/3/2020).  

Pelabuhan Teluk Santong

PMN tersebut, ungkap bupati, akan diajukan pada tahun anggaran 2020 ini sebesar Rp 500 miliar untuk tahap pertama. Pengajuan anggaran itu akan dibahas dalam waktu dekat. Karenanya pihak Pelindo meminta dukungan dari Pemkab Sumbawa terkait hal tersebut. “Kesimpulan dari percakapan itu sudah pasti terbangun karena sudah masuk di APBN. Tahap pertama itu Rp 500 miliar. Itu 2020 dibahas untuk masuk di DPR RI karena sudah ada petunjuk. Tahun 2021 baru dibangun,’’ terangnya.

Bupati menjelaskan, pihak Pelindo juga akan menyelesaikan proses Feasibility Study (FS) atau studi kelayakan dan Detail Engineering Design (DED) di tahun 2020 ini. Adapun terkait item pekerjaan yang dilaksanakan di tahap pertama, Bupati tidak mengetahui secara pasti, karena bersifat teknis. “Total anggaran yang dibutuhkan adalah Rp 1,4 triliun. Untuk tahap awal apa yang dibangun, saya tidak tahu karena itu teknis sekali,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment