Tingkatkan Kompetensi Pendidik PAUD, Himpaudi Gelar Diklat Dasar

Sumbawa, PSnews – Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia  (Himpaudi) Kabupaten Sumbawa menggelar kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar bagi Pendidik PAUD, Kamis (21/11/2019) di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan ini terselenggara guna meningkatkan kompetensi bagi Pendidik PAUD.

Peserta Diklat

Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Pemerintahan dan Kesta Sekda Sumbawa – M Ikhsan menyatakan, proses pembangunan pendidikan sejatinya adalah untuk membangun manusia Indonesia seutuhnya sebagai subyek yang bermutu. Sejalan dengan itu, Pemda terus bertekad memberikan perhatian yang besar pada pembangunan pendidikan, mengingat pendidikan mempunyai peranan strategis dalam pembangunan bangsa serta memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi dan transformasi sosial.

Dikatakan, kegiatan diklat berjenjang bagi pendidik PAUD yang digelar hari ini pada dasarnya merupakan ikhtiar vaksinasi sosial untuk mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini yang bermutu sekaligus menghindarkan generasi emas dari keterbelakangan peradaban. Bupati berharap agar para kepala desa yang belum menyisihkan APBDesnya untuk penyelenggaran PAUD baik untuk pelatihan bagi pendidik PAUD agar segera menindak lanjutinya.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa – Hj. Amien Rahmani Husni Djibril mengatakan, sebagai organisasi Profesi Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini, Himpaudi tentu memiliki tekad yang sangat kuat untuk menjadi organisasi yang mandiri dan professional. Disampaikan, dalam hal peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD misalnya, Himpaudi juga berada di garda terdepan dalam mendorong Pemerintah Daerah untuk mengupayakan hal tersebut. ‘’Alhamdulillah, kita patut bersyukur karena Bupati Sumbawa telah menindaklanjuti aspirasi ini, salah satunya melalui instruksi SE Bupati No. 421.9/177/Dikbud/2019 tentang pengalokasian anggaran pelatihan dasar bagi tenaga pendidik PAUD serta insentif bagi tenaga pendidik dan pengelola PAUD dari dana desa dan juga dana kelurahan,’’ tuturnya.

Dikatakan, beberapa hari yang lalu Bunda PAUD Kabupaten Sumbawa bersama 22 Bunda PAUD Kabupaten/Kota lainnya Se-Indonesia berhasil meraih pin emas pada apresiasi Bunda PAUD tingkat nasional di Jakarta. Apresiasi tersebut diberikan kepada Bunda PAUD yang dinilai berprestasi, berkontribusi dan sukses dalam melaksanakan tugasnya menjadi bunda paud di daerahnya.

Sebelumnya, Kadis Pendidikan dan Kebudyaan Sumbawa – Sahril melaporkan, kegiatan diklat dasar bagi pendidik PAUD ini dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kualifikasi layanan pembelajaran bagi pendidik PAUD, terutama meningkatkan mutu proses pembelajaran di kelas dan kegiatan diklat ini akan mampu memberikan warna pelayanan dalam proses pembelajaran bagi anak-anak didik. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *