Tingkatkan Kapasitas, Puluhan Pengurus KIM Dibimtek

Sumbawa, PSnews – Guna meningkatkan kapasitas dan kemampuan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM dalam menerima, mengelola, dan mendistribusikan informasi yang bermanfaat baik kepada pemerintah maupun masyarakat, yang ditunjang oleh teknologi informasi yang berkembang, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Sumbawa menggelar bimbinganteknis untuk 41 pengurus KIM pada Selasa (17/9/2019) di Hotel Sutan Sumbawa Besar.

Dalam laporannya, Kabid Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfotik – Suparman mengungkapkan, dalam era reformasi dan situasi informasi global sekarang ini, keberadaan KIM masih diperlukan. KIM diharapkan menjadi sarana komunikasi antara pemerintah daerah dengan masyarakat langsung, pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kesadaran atas informasi sebagai sumber pengetahuan dan juga meningkatkan kemampuan mengakses informasi dengan menggunakan dan memanfaatkan teknologi komunikasi.

Berdasarkan kondisi tersebut, Pemkab Sumbawa melalui Dinas Kominfotik, sesuai tupoksinya melaksanakan pengelolaan, diseminasi, layanan informasi publik, menyelenggarakan pelatihan kepada KIM se-Kab. Sumbawa dalam rangka pengembangan dan pemberdayaan KIM di Kabupaten Sumbawa.

Sementara Bupati Sumbawa dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa – Lalu Suharmadji Kertawijaya menyatakan, keberadaan KIM masih sangat diperlukan, mengingat kondisi sebagian masyarakat, khususnya di Kabupaten Sumbawa belum memilki kemampuan memadai untuk menelaah muatan informasi dengan baik karena faktor sosial, ekonomi, maupun kultural. Keterbatasan masyarakat dalam mengakses dan memanfaatkan informasi terutama di wilayah blank spot area menyebabkan kesenjangan semakin lebar.

Foto bersama

Melalui pelatihan ini KIM diharapkan dapat meningkatkan kapasitas pengurus dan kelembagaannya, agar mampu menjalankan peran utamanya sebagai pengumpul, pengelola, dan penyebar informasi di tengah-tengah masyarakat serta memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi dengan lebih cepat dan efisien. Sehingga KIM dapat menjadi sarana komunikasi antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat. ‘’Saya mengimbau kepada seluruh peserta agar dapat memanfaatkan kegiatan pelatihan ini untuk mengemukakan ide, gagasan, bertukar pikiran dan pengetahuan, demi mewujudkan Kabupaten Sumbawa yang cerdas informasi, hebat dan bermartabat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *