Rangsang Perekonomian Masyarakat, 157 BUMDes Telah Dibentuk

Sumbawa, PSnews – Di Kabupaten Sumbawa saat ini telah dibentuk sebanyak 157 Badan Usaha Milik Desa (Bumdes). Itu salah satu upaya Pemerintah Daerah setempat untuk merangsang geliat perekonomian masyarakat.

Mahmud Abdullah (tengah)

Hal itu diungkapkan Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah saat membuka Seminar dan Pemetaan Bumdes se-Kabupaten Sumbawa di Aula H. Madelau ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (18/9/2019). Dari seluruh BUMDes yang ada, sebanyak 126 diantaranya merupakan BUMDes penyalur Kredit Sahabat (KRABAT), yang merupakan salah satu program unggulan Pemda Sumbawa melalui dana APBD. “Pemetaan potensi BUMDes sangat penting bagi Pemerintah Daerah, dalam menyusun kebijakan-kebijakan yang terkait langsung dengan keberadaan BUMDes, karena kami sangat menyadari bahwa, mempertahankan kontinuitas berjalannya BUMDes, perlu kajian yang komprehensif,’’ tutur Haji Mo –  akrab Wabup disapa.

Wabup mengakui, tidak semua BUMDes menjalankan program tersebut secara amanah, namun hal itu tidak menyurutkan langkah Pemerintah Daerah. ‘’Lebih baik kita melangkah, kemudian kita menemukan masalah, lantas menyelesaikannya, ketimbang tidak pernah berbuat apa-apa karena takut mengadapi masalah,’’ ujarnya.

Sementara Area Manager PT. Bank Syariah Mandiri (BSM) Regional Bali-NTB – Sukma Dwi Priardi mengaku bangga bisa bersinergi dengan Pemda Sumbawa, melalui kegiatan seminar yang merupakan bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaannya. Keberadaan BSM di Kabupaten Sumbawa, dituntut memberikan kontribusi nyata untuk pemerintah, masyarakat sekitar dan lingkungan. ‘’Pemetaan BUMDes ini merupakan tahap awal CSR yang ingin kami berikan kepada Pemkab Sumbawa,’’ tukasnya.

Di tempat yang sama, Kabag Ekonomi Setda Sumbawa – Irine Silviany dalam laporannya mengatakan, seminar dan pemetaan BUMDes dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana gambaran tata kelola, dan tata cara pelaporan, sehingga tergambarnya kondisi Bumdes saat ini. Setelah dilaksanakannya seminar dan pemetaan, diharapkan Bumdes mendapatkan inspirasi bagaimana menetapkan tujuan dan sasaran strategisnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment