Pemda Akan Optimalisasi dan Evaluasi Upaya Peningkatan PAD

Sumbawa, PSnews – Setelah mendengar pemandangan umum dari seluruh Fraksi di DPRD Sumbawa, juga laporan Pansus. Pimpinan Daerah kemudian memberikan pendapat akhirnya terhadap Ranperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2018.

Pada sidang paripurna Kamis (18/7), Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah menyatakan, terkait kinerja pendapatan, Pemda senantiasa melakukan optimalisasi dan evaluasi dalam upaya peningkatan pendapatan daerah baik yang bersumber dari PAD, pendapatan transfer maupun lain-lain pendapatan yang sah, sehingga kapasitas fiskal daerah semakin meningkat dan mampu mendorong percepatan pembangunan daerah.

Selain itu, Pemda berkomitmen untuk melaksanakan percepatan dan pemerataan pembangunan infrastruktur di seluruh wilayah Kabupaten Sumbawa, termasukwilayah-wilayah terisolir. Pemda juga telah berupaya untuk meningkatkan proporsi belanja untuk pembangunan infrastruktur sebagaimana diamanatkan dalam peraturan perundang-undangan. ‘’Oleh karena itu dukungan dan kerjasama seluruh pihak sangat dibutuhkan guna mewujudkannya  sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan,’’ harap Haji Mo – sapaan akrab Wabup.

Mengenai mekanisme pengalokasian anggaran terhadap program, baik yang bersumber dari hasil Musrenbang RKPD maupun pokok-pokok pikiran DPRD tetap mengacu kepada peraturan perundang-undangan. Prinsip yang digunakan dalam perencanaan anggaran adalah money follows program priority. Dalam konteks pengalokasian program yang bersumber dari pokok pikiran DPRD, Pemda bersepakat untuk mengakomodir usul yang disampaikan Dewan sepanjang memenuhi persyaratan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, untuk selanjutnya dibahas bersama dengan tetap mempertimbangkan kemampuan keuangan daerah. ‘’Terkait permasalahan pembangunan pada tahun anggaran 2018, yang mengemuka selama proses ini berlangsung sejak awal hingga hari ini, baik yang disampaikan oleh Fraksi-fraksi DPRD maupun pansus DPRD, akan menjadi perhatian sungguh-sungguh bagiPemerintah Daerah dibawah kepemimpinan HusniMo dalam melaksanakan APBD pada tahun anggaran 2019 dan tahun-tahun mendatang. Oleh karena itu melalui kesempatan yang baik ini, kami instruksikan kepada semua Kepala Perangkat Daerah beserta seluruh jajarannya untuk menyikapi dan menindaklanjuti semua persoalan tersebut dan mengambil langkah-langkah penyempurnaan baik dalam perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan hingga pertanggungjawabannya,’’ demikian Wabup. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *