Gang Teratai Disulap Jadi Kampung Hijau

Sumbawa, PSnews – Identik dengan sebutannya Gang Teratai, sebuah jalan sempit di dalam wilayah Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa ini dilukis dengan cat minyak bercorak bunga. Uniknya para pelukis didominasi oleh ibu-ibu ditemani segelintir bapak-bapak. 

Jalan masuk ke pemukiman padat penduduk ini kini tampak sedap dipandang mata. Disamping sepanjang jalan, cat warna-warni juga menghiasi dinding rumah warga setempat. Pemandangan ini pun mengundang daya tarik Bupati Sumbawa Husni Djibril. Sehingga pada Kamis (15/11/2018), Kampung Hijau Gang Teratai ini pun diresmikan Bupati disertai para pejabat Pemkab Sumbawa dan tokoh masyarakat setempat.

Ketua RW 05 Kelurahan Bugis – Kaharuddin dalam laporannya mengatakan, wilayah gang teratai ini berbatasan dengan sungai. Sehingga diperlukan kesadaran yang tinggi dari warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, termasuk di sungai. ‘’Untuk mengatasi (Sampah) ini kami telah meminta bantuan Bapak Bupati melalui Kepala Dinas Lingkungan Hidup agar diberikan kendaraan pengolaan sampah,’’ tuturnya.

Diungkapkan, hadirnya Kampung Hijau ini atas kerjasama seluruh warga setempat, dengan Dinas Lingkungan Hidup dan PT PLN Persero UP3 Sumbawa. ‘’Terimakasih kami sampaikan kepada PT PLN Persero dan Dinas Lingkungan Hidup yang telah mempercayakan kami selaku warga RW 05 kelurahan Bugis untuk menjadi pilot project Kampung Hijau di Kabupaten Sumbawa,’’ ujarnya.

Ditempat yang sama, Manager PT PLN Wilayah NTB UP3 Sumbawa – Hamzah Hasanuddin menjelaskan, pihaknya diberi tugas selain harus menjaga listrik tetap menyala, juga bagaimana agar PLN bisa memberikan program kepada masyarakat yang dapat dirasakan secara langsung. Sehingga Kampung Hijau ini dianggap program yang pas untuk dijalankan.

Diharapkan apa yang telah dimulai ini dapat konsisten dijaga. Agar lingkungan sekitar tetap bersih, apalagi sekarang ini sudah masuk musim hujan. Ia juga berharap dapat lahir kampung-kampung hujau lainnya di Kabupaten Sumbawa, dengan program yang baik pula. ‘’Kami bersama Dinas Lingkungan Hidup sebagai partner dengan masyarakat, berupaya mewujudkan suatu kampung yang berkawasan lingkungan. Terima kasih kepada Bapak Bupati atas dukungan yang luar biasa kepada kami melalui Dinas Lingkungan Hidup. Kegiatan ini murni dilaksanakan oleh warga betapa antusiasnya warga,’’ tukasnya.

Sementara Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengucapkan terimah kasih kepada seluruh pihak yang telah membangun gang Teratai ini menjadi lebih baik. ‘’Program-program inilah InsyaAllah melalui pendekatan dari Dinas Lingkungan Hidup ini punya kepedulian. Kami sudah serahkan kendaraan roda tiga untuk membuang sampah. Tanpa itu, Pemerintah Daerah seberapapun banyaknya mobil sampah, sebagaimana hebatnya program kebersihannya, ketika rakyat tidak peduli maka tidak mungkin sebersih yang kita harapkan,’’ tandas Bupati.

Diharapkan dengan lahirnya Kampung Hijau di gang Teratai ini, dapat menggugah Lurah-lurah lainnya untuk berbuat untuk kepentingan masyarakat. ‘’Saya berterimah kasih kepada Pak Lurahnya, Pak RT/RWnya, dan utama sekali kepada seluruh masyarakat gang teratai ini jangan hanya senang sendiri, jangan bangga sendiri, jangan hanya ingin menikmati sendiri, bagilah semangat itu kepada gang-gang yang lainnya. Jangan mereka hanya menjadi penonton disekitarnya tapi tidak berbuat. Jadikanlah ini sebuah penyemangat untuk membersihkan, untuk menjaga minimal lingkungan kita. Nah kalau ini bisa di pahamai dan bisa di tindaklanjuti maka saya tidak bisa membayangkan Sumbawa ini akan hebat dan bermartabat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *