Dikes Segera Drop Sarpras Puskesmas Sebotok

Sumbawa, PSnews – Meski sudah tuntas terbangun, hingga kini Puskesmas Sebotok di Pulau Moyo Kecamatan Labuhan Badas belum memiliki sarana dan prasarana (Sarpras). Untuk itu, dalam upaya menanfaatan gedung tersebut, Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa segera mengirim sejumlah perabotan pendukung.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa – Junaidi menyatakan, tahun ini Puskesmas Sebotok sudah dapat beroprasional. Sehingga Dikes telah mempersiapkan sejumlah fasilitas berupa perabotan yang sudah berada di kantor Dikes. Seperti meja, kursi dan lemari. Barang-barang ini dalam waktu dekat segera didrop menuju Puskesmas Sebotok. ‘’Untuk meubele tentu dalam waktu dekat akan segera ke sana untuk mendrop,’’ ujarnya kepada wartawan.

Selain perabotan, pihaknya juga sudah menganggarkan pengadaan alat kesehatan melalui DAK tahun 2018. Pengadaan Alkes ini dilakukan secara bertahap dimana selanjutnya akan diusulkan melalui APBD Perubahan dan DAK tahun 2019.

Sementara tenaga kesehatan dan tenaga lainnya yang dibutuhkan di Puskesmas Sebotok, pihaknya sedang menginventalisir. Sebab untuk tenaga kesehatan tentu membutuhkan tenaga strategis yang wajib ada di dalam sebuah puskesmas diantaranya memiliki dokter umum, dokter gigi, bidan, tenaga gizi, tenaga imunisasi, tenaga farmasi, dan perawat. ‘’Minimal delapan jenis tenaga strategis itu harus ada. Untuk dokter umum dan dokter gigi Alhamdulillah pemda tahun ini menyiapkan dana insentif dokter umum dan dokter gigi untuk daerah terpencil. Jadi semua kami mengalokasikan untuk dua dokter umum akan kita tempatkan di sana,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *