144 CPNS Angkatan 9 – 12 Ikuti Diklat Prajabatan

Sumbawa, PSnews – Pemkab Sumbawa kembali menggelar kegiatan Diklat prajabatan bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) angkatan 9 – 12 di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan ini merupakan syarat wajib bagi pengangkatan seorang CPNS menjadi PNS, kata Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Sumbawa – Hasan Basri pada kegiatan dimaksud, Selasa (19/4/2016). Diklat Prajabatan angkatan 9, 10, 11, dan 12 diikuti oleh 144 orang yang terdiri dari 49 pria dan 95 wanita terdiri dari 1 orang golongan I, 130 orang golongan II dan 13 orang golongan III, dimana terdapat 133 orang guru dan 11 orang tenaga administrasi.

Pada kesempaan itu Sekda Sumbawa – Rasyidi menjelaskan, kegiatan ini sangat penting bagi para peserta diklat untuk diikuti dengan sebaik-baiknya. “Perlu saya tekankan dan harapkan ini menjadi perhatian, bahwa diklat prajabatan pelaksanaannya untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika PNS, disamping pengetahuan dasar tentang sistem penyelenggaraan pemerintahan negara, bidang tugas, dan budaya organisasinya,’’ paparnya.

Dikatakan, diklat prajabatan merupakan pembekalan yang kompherensif agar CPNS mempunyai pengetahuan, kemampuan dan keterampilan untuk melaksanakan tugas sebagai aparatur sipil negara sekaligus pelayan masyarakat. Diklat prajabatan juga untuk membentuk karakter disiplin dan etika sebagai ASN dalam rangka pembinaan SDM aparatur yang memiliki peranan penting dan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan. Karena itulah, harus disadari bahwa ASN dalam bekerja harus dengan dedikasi dan loyalitas kepada negara dan bangsa. Mengingat pentingnya momentum diklat prajabatan tersebut, harapannya para peserta  dapat mengikuti dengan baik semua materi, keikutsertaan sebagai peserta tidak hanya dilihat pada kehadiran di kelas pada setiap materi. Harapannya juga, panitia dapat melihat dan mengamati peserta yang proaktif dan mempunyai kesungguhan untuk memahami setiap permasalahan melalui diskusi atau kegiatan pembelajaran lainnya, supaya semua peserta terdorong berperan dan berkontribusi untuk mendinamisasi setiap kegiatan pembelajaran.
“Perlu saya ingatkan kembali bahwa salah satu dari lima instruksi yang pertama kali saya sampaikan adalah peningkatan kualitas pelayanan publik. Untuk itu saya meminta kepada saudara-saudara sekalian agar setelah selesai mengikuti diklat ini untuk segera melaksanakan instruksi tersebut selaku abdi negara dan abdi masyarakat, dengan memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat sumbawa sesuai tugas dan fungsinya masing-masing,’’ ujarnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *