Fraksi PAN Minta Smelter PTNNT Dibangun di NTB

Sumbawa, PSnews – Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) meminta kepada DPRD secara kelembagaan untuk berkordinasi dengan Gubernur NTB dan Menteri Keuangan RI serta Menteri Pertambangan RI agar smelter PT Newmont Nusa Tenggara  (PTNNT) dapat dibangun di wilayah NTB.

Rapat paripurna DPRD lengangPasalnya keberadaan smelter tersebut diyakini dapat memberikan peningkatan perekonomian Sumbawa ke depan. “Sehingga keberadaan investasi pertambangan Newmont, baik yang berada di Batu Hijau mapun Dodo Rinti nantinya bisa memberikan multiflair effect bagi ekonomi NTB, khususnya Kabupaten Sumbawa,” kata Fraksi PAN yang disampaikan pada rapat paripurna pandangan umum fraksi-fraksi DPRD Sumbawa terhadap rancangan perubahan rancangan Peraturan Daerah (Perda) nomor 10 tahun 2014 tentang APBD Sumbawa tahun anggaran 2015, Rabu (9/9/2015).
Disamping itu Fraksi PAN juga mempertanyakan soal langkah-langkah nyata Pemda Sumbawa setelah PTNNT menyatakan menghentikan proyeknya untuk waktu yang tidak ditentukan. Hingga kini Fraksi PAN belum melihat ada keseriusan Pemda dalam menyikapi kondisi tersebut. Bahkan Pemda dianggap tidak melakukan upaya nyata terhadap komitmen-komitmen yang sudah dibangun dengan manajemen PTNNT seperti halnya berkaitan dengan pemberdayaan masyarakat. Padahal sudah jelas dalam MoU atau kesepakatan antara Pemerintah dengan PTNNT tentang hak dan kewajiban masing-masing pihak.
Di sisi lain, baik Pemda maupun PTNNT juga terikat degan sebuah kerjasama dalam penyertaan modal daerah melalui PT. DMB. Fraksi PAN berharap dapat dijelaskan progres yang jelas berkaitan dengan keuntungan dari kerjasama tersebut, mengingat hingga tahun ini PT. DMB belum membayar kewajibannya pada daerah. (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *