Paket Saat – Jaya Klaim Raih Hasil Survey Tertinggi

Sumbawa, PSnews – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, Saat Abdullah-Chandra Wijaya Rayes atau paket Saat-Jaya, dalam jumpa pers yang digelar tim pemenangannya, Sabtu (11/07/2015), di Ariellah Resto, mengklaim bahwa hasil survey terhadap paket Saat-Jaya oleh Media Track & Strategy, dalam rentang waktu 28 Juni hingga 4 Juli 2015.

Ketua Tim Pemenangan Paket Saat-Jaya, Kamaluddin ST, mengemukakan, bahwa hasil survey terhadap 4 pasangan, A Saat Abdullah/Chandra Wijaya Rayes (23,3 persen), Husni Jibril/Mahmud Abdullah (17,1 persen), Mokhlis/Baijuri Bulkiyah (15,2 persen), Muhammad Jabir/ Burhanuddin Jafar Salam (14,3 persen) dan yang memilih tidak tahu, tidak menjawab, ragu atau belum menjawab atau pung dikategorikan sebagai swing voter sebesar 30,2 persen.

“Sehingga dapat disimpulkan paket Saat-Jaya unggul di atas pasangan lain. Seandainya ada 4 pasangan yang akan maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa, dan pemilihan digelar saat ini juga maka akan dimenangkan oleh paket Saat-Jaya,” terang Kamaluddin.

Dalam jumpa pers tersebut dihadiri pasangan calon, Saat-Jaya, para pengurus partai pengusung, Hanura, Nasdem, PKPI dan PPP.

Survey tersebut tambah juru bicara tim pemenangan, Sambirang Ahmadi, dilakukan di 165 Desa/Kelurahan dari 24 Kecamatan dan 558.761 jiwa.

Adapun metode sampling yang digunakan yakni multistage random sampling. Dengan responden awal sebanyak 440 responden. Wawancara tatap muka responden menggunakan kuisioner dengan margin of error sekitar 4,8 persen.

Cara yang digunakan sambungnya, secara spontan (top of mind), A Saat menempati urutan pertama yaitu 11,4 persen disusul Husni Jibril dengan raihan 8,9 persen, Muhammad Jabir dengan perolehan 6,6 persen dan Muhklis 5,0 persen.

Asaat Abdullah - Wijaya Rayes didampingi tim sukses
Asaat Abdullah – Wijaya Rayes didampingi tim sukses

Sedangkan dari sisi tingkat elektabilitas, A Saat menempati urutan pertama yaitu sebesar 13,0 persen, disusul Husni Jibril dengan 8,9 persen, Muhammad Jabir dengan 6,8 persen dan Muhklis dengan 5,5 persen.

Dari sisi pemilih fanatic atau strong supporter, A Saat menempati urutan pertama yaitu sebesar 12,3 persen. Disusul Husni Jibril dengan 8,9 persen, Muhammad Jabir dengan 6,66 persen dan Muhklis dengan 5,5 persen. Sedangkan masa mengambang atau swing voter masih di atas 50 persen.

Meski demikian, tim Saat-Jaya mengaku masih harus bekerja keras mengingat berdasarkan peta kekuatan pemilih yang dikantongi tim Saat-Jaya, suara yang belum memutuskan dan ragu-ragu masih tinggi yaitu sebesar 59,3 persen. Dengan rincian survey per individu calon, A Saat Abdullah (12,3 persen), Husni Jibril (8,9 persen), Muhammad Jabir (6,6 persen), Mokhlis (5,5 persen), Baijuri Bulkiah (3,0 persen), Mahmud Abdullah (2,1 persen), Burhanuddin Jafar Salam (0,9 persen), A Rahman Alamudy (0,9 persen), Chandra Wijaya Rayes (0,7 persen) dan ragu-ragu/ rahasia/ belum menjawab sebesar 59,3 persen.

Tapi tegas Sambirang, pada simulasi pasangan, pasangan A Saat/ Chandwa Wijaya Rayes, menempati peringkat pertama yaitu sebesar 23,3 persen dengan sesilis lebih dari margin error dengan pasangan peringkat kedua yaitu Husni Jibril/Mahmud Abdullah sebesar 17,1 persen. (PSb)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *