Bupati Sumbawa Beri Penghargaan kepada Sultan M. Kaharuddin IV melalui Rapat Paripurna DPRD

Sumbawa, pulausumbawanews.net -. Rapat Paripurna DPRD Kabupaten digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sumbawa ke 64, Sabtu (21/1/2023).

Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, ikut hadir pimpinan DPRD lainnya Syamsul Fikri AR SAg MSi, Nanang Nasiruddin SAP M.M.Inov, dari Pemerintah Daerah hadir Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah dan Wakil Bupati Sumbawa Hj. Dewi Noviany SPd MP bersama Forkopimda, dan jajaran kepala OPD.

Tampak hadir pula Sultan Sumbawa Dewa Masmawa YM Sultan Muhammad Kaharuddin IV bersama pengurus LATS, Anggota DPR RI Johan Rosihan ST, Para Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa masa bakti sebelumnya, dan keluarga Bupati Sumbawa.

Dalam sambutannya Bupati Sumbawa Drs H Mahmud Abdullah menyampaikan rasa syukur atas kesempatan bisa menghadiri Rapat Paripurna Pertama kalinya dalam rangka Memperingati HUT Sumbawa.

“Alhamdulillah pada malam hari ini kita masih diberikan kesehatan kekuatan dan Paripurna kali ini untuk pertama kali dilaksanakan untuk memperingati hari penting di daerah kabupaten Sumbawa. Oleh karena itu tidak berlebihan kiranya momentum peringatan hari jadi Kabupaten Sumbawa merupakan starting point bagi legislatif yang menciptakan sejarah untuk pertama kalinya menyelenggarakan paripurna peringatan peringatan Hari Jadi Kabupaten Sumbawa yang dapat dilaksanakan menjadi agenda rutin di Kabupaten Sumbawa” Ucap H Mo.

Kemudian lanjut H Mo akrab disapa, demikian pula bagi eksekutif akan menjadi sangat istimewa terlebih bagi masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada sehingga mampu melakukan refleksi betapa pergantian waktu penuh dengan perjuangan, pengabdian demi mewujudkan visi besar bersama yaitu mewujudkan Sumbawa Gemilang yang berkeadaban

dalam kesempatan itu pula Bupati Sumbawa menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada semua pihak baik pimpinan dan anggota para aparatur sipil negara kepada tokoh masyarakat alim ulama para cendekiawan serta seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sumbawa yang telah mendorong terwujudnya keadaan yang kondusif aman dan tentram serta demokratis sehingga kita dapat melaksanakan tahapan pembangunan di daerah ini dengan sebaik-baiknya

“Hari ini lebih kurang, 2 tahun 8 bulan 25 hari saya bersama wakil bupati Sumbawa Hj Dewi Noviany S.Pd MPd telah menjalankan roda Pemerintahan di Kabupaten Sumbawa. Insya Allah kami akan terus melanjutkan kerja yang sudah baik membenahi apa yang masih kurang serta berusaha sekuat tenaga memajukan tau dan tana Samawa” Ungkap H.Mo

Ada empat point yang disampaikan Bupati dalam rapat paripurna tersebut diantaranya adalah, Pertama Alhamdulillah atas dukungan semua pihak sejak kami dilantik telah berjalan dengan lancar proses penyusunan perencanaan pembangunan lima tahun dan telah diselesaikan tepat waktu desain penyederhanaan birokrasi dan penempatan aparatur telah berjalan lancar serta berbagai agenda jangka pendek telah terlaksana dengan baik.

kemudian kata Bupati yang kedua Pemerintah Daerah menyadari dalam 2 tahun terakhir ini kabupaten Sumbawa dalam mengisi pembangunan di tengah tantangan covid-19, hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat terdampak. Hal ini memacu kita untuk menggeser anggaran, merancang regulasi baru, mendorong adaptasi pertumbuhan ekonomi hingga penanganan dampak sosial masyarakat yang tantangannya sungguh luar biasa.
” Namun kami bersyukur Alhamdulillah berkat Sinergi dan kerjasama yang solid dari seluruh masyarakat Sumbawa kita dapat melewati masa-masa sulit akibat pandemi covid-19 dan sampai hari ini kita dapat menyaksikan capaian positif pembangunan di daerah dan capean vaksinasi yang cukup menggembirakan.

kemudian yang ketiga kata H.Mo, kami sangat mengapresiasi seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Sumbawa yang telah bekerja dengan semangat bekerja dengan solid mendukung kami untuk mensukseskan berbagai agenda pembangunan. Sehingga dalam waktu singkat berbagai prestasi Gemilang dapat diraih kabupaten Sumbawa. kemudian berbagai program juga sudah dapat dilaksanakan sesuai visi-misi Sumbawa Gemilang yang berkadaban begitu juga 10 program unggulan mulai terisi sejak tahun 2021 hingga saat ini.

Kemudian kata Haji Mo hal yang ke-4 adalah agenda-agenda pembangunan salah satunya adalah ground breaking pembangunan teluk santong hal ini sengaja dilakukan dengan maksud untuk mendorong pemerintah pusat membiayai pembangunan Pelabuha Teluk Santong tersebut. Tutup Bupati

Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq selaku Pemimpin Paripurna mengatakan Rapat paripurna ini menjadi awal yang baru dan pertama digelar dalam sejarah DPRD. Hal ini sebagai ikhtiar bahwa DPRD dan pemerintah daerah secara sinergitas terus menjalin kemitraan dan kesetaraan sesuai fungsi masing-masing.

Dalam usia 64 tahun Kabupaten Sumbawa sebagai kado terindahnya telah terbangun pembangunan Bendungan Beringin Sila di kecamatan Utan sebagai proyek strategis nasional yang keberadaannya mampu mengoptimalkan pemenuhan kebutuhan irigasi dan air baku terutama di kecamatan Utan dan Buer.

Dari expose survei kepuasan masyarakat oleh unit penyelenggara pelayanan publik kabupaten Sumbawa menghasilkan OPD dengan nilai A adalah DPMPTSP dan Bapenda sementara 29 OPD dengan nilai B dan OPD dengan nilai C adalah Dinas Lingkungan Hidup hasil ini perlu disupport untuk dapat melayani dan memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih baik nyaman dan terukur. Tandas Rafiq.

Ketua DPRD juga menjelaskan bahwa dilihat dari pembangunan di Kabupaten Sumbawa memberikan ” kita rasa” yang cukup baik ditandai pembangunan infrastruktur jalan dan infrastruktur komunikasi yang mampu mengakses kegiatan sosial kemasyarakatan dengan baik serta menumbuhkan pondasi pembangunan peradaban di tana Samawa yang berlabel nasional dan internasional terutama di wilayah Selatan

Ketua DPRD mengatakan bahwa sidang paripurna DPRD kabupaten Sumbawa ini selain menjadi momentum dan quantum pertama dilaksanakan di lembaga DPRD kabupaten Sumbawa, juga menjadi ruh yang sangat kuat sebagai tradisi intelektual dan penguatan peradaban tana Samawa dalam melahirkan energi besar dalam mendayagunakan sumber daya dan menjadi suluh kemajuan tanah Samawa untuk memiliki daya gerak sehingga mampu membangun kekuatan kolektif untuk diaktualisasikan dalam konteks kekinian dan tantangan masa depan. (PSr)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *