HUT Kabupaten Sumbawa ke-64, Bupati Buka Kegiatan Fashion Show Tenun Ikat

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah resmi membuka kegiatan Fashion Show Tenun Ikat dalam rangka memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-64, Jum’at (20/1) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Sumbawa, Sekda Sumbawa, Anggota Forkopimda, Pimpinan Instansi Vertikal, Kepala Perangkat Daerah, Kepala Bagian, Camat, Pimpinan BUMN/BUMD dan para Dewan Juri.

Dalam sambutannya, Bupati sangat mengapresiasi penyelenggaraan Fashion Show Tenun Ikat ini sebagai upaya memperkenalkan branding tenun ikat Sumbawa kepada masyarakat luas. Ia berharap, tenun ikat Sumbawa tidak hanya dicintai oleh masyarakat Sumbawa tetapi juga oleh masyarakat di luar Sumbawa.

Senada dengan Bupati Sumbawa, Ketua Umum Dekranasda Kab. Sumbawa, Ny. Sovia Noviantry Rayes Mahmud Abdullah dalam sambutannya juga berharap kegiatan ini dapat meningkatkan eksistensi Tenun Sumbawa sebagai salah satu kekayaan adat dan budaya Sumbawa. Disampaikan Ketua Dekranasda, dalam berbagai event regional maupun nasional, Tenun Sumbawa selalu diperhitungkan, seperti pada event Lombok Sumbawa Tenun Fest dan Muslim Fashion Festival (MUFFEST) yang berlangsung di Jakarta beberapa waktu lalu, desainer-desainer Sumbawa dengan penampilan Tenun Sumbawanya selalu mendulang prestasi. Bahkan menurut Ketua Dekranasda, pada bulan Maret 2023 mendatang, salah seorang desainer Sumbawa berbakat, Andre Manangga, akan melakukan show di Los Angeles Amerika Serikat dengan karya-karyanya yang berbahan Tenun Sumbawa.

Sementara itu, Koordinator Seksi Fashion Tenun Ikat dalam Kepanitiaan HUT Kab. Sumbawa ke-64, I Ketut Sumadi Arta, SH., MH dalam laporannya mengatakan, tujuan penyelenggaraan Fashion Tenun Ikat antara lain untuk pengenalan dan promosi tenun ikat khas Sumbawa, sebagai media sosialisasi ragam pakaian/busana kerja, serta untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan terhadap produk lokal khususnya tenun ikat khas Sumbawa. Disebutkan, jumlah peserta Fashion Tenun Ikat ini sebanyak 82 pasangan baik dari perangkat daerah lingkup Pemkab Sumbawa, instansi vertikal maupun BUMN/BUMD.   

Pada kegiatan ini, para peserta fashion show tampak menawan dalam balutan tenun ikat Sumbawa. Adapun para peserta yang berhasil meraih juara, yaitu :

Juara 1 diraih Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Kab. Sumbawa dengan jumlah nilai 250;

Juara 2 diraih Kepala Bagian Pemerintahan Setda Sumbawa dengan jumlah nilai 240;

Juara 3 diraih Kepala Badan Kesbangpoldagri Kab. Sumbawa dengan jumlah nilai 235;

Juara Harapan 1 diraih Kepala Dinas P2KBP3A Kab. Sumbawa dengan jumlah nilai 230;

Juara Haparan 2 diraih Direktur RSUD Sumbawa dengan jumlah nilai 225;

Juara Harapan 3 diraih Kepala Dinas PRKP Kab. Sumbawa dengan jumlah nilai 220.

Adapun Juara Favorit diraih Kepala Dinas Pertanian Kab. Sumbawa.  (PSa)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *