Jembatan Cinta di Kalimango Putus Diterjang Banjir

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumbawa bagian barat pada Senin sore (14/2/2022) mengakibatkan terjadinya bencana banjir di Kecamatan Alas Sumbawa. Hujan yang turun sejak pukul 16.00 wita hingga 18.00 wita tersebut telah mengakibatkan beberapa desa terendam air, antara lain Desa Marente, Desa Kalimango, Desa Dalam, Desa Juran Alas dan Desa Luar.

Bahkan Jembatan Cinta yang berlokasi di Kalimango putus akibat derasnya arus sungai.

Kepala Pelaksana BPBD Kab. Sumbawa Muhammad Nurhidayat, ST mengatakan, banjir disebabkan oleh terbentuknya awan Cumulonimbus sehingga mengakibatkan tingginya intensitas hujan di Wilayah terdampak di wilayah Kecamatan Alas.

Selain itu juga disebabkan oleh banyaknya lahan tandus akibat penebangan liar sehingga mengurangi intensitas penyerapan air tanah.

Penyeban lainnya, lanjut Dayat sapaan Muhamnad Nurhidayat, adalah banyaknya penumpukan sampah dan sedimentasi di area aliran sungai yang mengakibatkan terjadinya pendangkalan dan penyumbatan aliran air sungai. “Tersumbatnya aliran irigasi sehingga mengakibatkan luapan air yang membanjiri permukaan jalan,” terangnya.

Adapun kronoligis bencana banjir di wilayah Kecamatan Alas, hujan deras yang mengguyur wilayah Kecamatan Alas mengakibatkan banjir bandang yang menggenangi sebagian pemukiman warga yang berlokasi di wilayah tersebut. “Tim BPBD telah meluncur ke lokasi kejadian dan membawa bantuan logistik sementara,” tegasnya.

Dampak banjir, telah merendam sebagian rumah penduduk setempat. Bahkan kata Dayat, banjir bandang mengakibatkan putusnya Jembatan Cinta di Desa Luar Kecamatan Alas.

Beruntung bencana banjir tersebut tidak menelan korban jiwa. “Hujan mulai reda dan air perlahan surut,” tandas Dayat yang dikonfirmasi via whatsapp pada Senin malam (14/2/2022). (PSp)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment