SCC Peduli Lingkungan, Sampah di Pantai Goa Disapu Bersih

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Sumbawa Cycling Club (SCC) merupakan salah satu komunitas bersepeda yang didirikan Agustus 2021 yang lalu, berdasarkan kesamaan persepsi bahwa bersepeda tidak saja berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, melainkan juga untuk tujuan-tujuan lain, diantaranya peduli lingkungan, bakti sosial dan sebagainya. Seperti halnya yang dilakukan SCC di kawasan Pantai Goa Desa Karang Dima Kecamatan Labuhan Badas pada Sabtu pagi 15 Januari 2022. “Kegiatan ini merupakan ide spontan dari Ketua Dewan Pembina SCC, Abdul Rafiq dalam menanggapi sorotan Ketua Dewan Penasehat SCC Badrul Munir yang mengkritik soal kondisi obyek wisata kuliner Pantai Goa yang kumuh dan memprihatinkan. Ide ini disampaikan melalui grup WA SCC beberapa hari lalu, yang kemudian mendapat respon positif dari seluruh anggota SCC,” beber Ketua SCC, Didi Dirgantara di sela-sela kegiatan.

Bahkan, lanjut Didi Dirgantara, kegiatan ini juga diikuti oleh komunitas lain, seperti Agogo, M2NK, Sabic dan lain-lain. Dia menjelaskan, bahwa SCC merupakan milik bersama. “SCC ini merupakan wadah silaturrahim lintas komunitas, yang memiliki semangat yang sama,” tandasnya.

Hal senada disampaikan Ketua Dewan Pembina SCC Abdul Rafiq, bahwa SCC adalah tempat bernaungnya para penghobi sepeda. Bahkan lintas club, tidak saja sebagai penyalur hobi dan olah raga, tapi memikirkan bagaimana caranya memberikan kontribusi bagi lingkungan hidup. “Pagi ini SCC bersama club sepeda gowes dan membersihkan kawasan wisata Pantai Goa. Dengan harapan bisa memberikan suasana yang nyaman bagi masyarakat yang berkunjung ke objek wisata ini,” terang Abdul Rafiq yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa ini.

Dengan lingkungan yang bersih, lanjut Rafiq, tentu akan memanjakan mata dan pandangan bagi pengunjung yang melihatnya. Kondisi tersebut diharapkan bisa membuat para tourism lebih nyaman. “Inilah yang harus kita jaga bersama- sama, semangat kokat roro (pungut sampah). Inilah yang kita trigger kembali agak masyarakat sekitarnya juga ikut peduli dengan kebersihan lingkungan,” tandasnya.

Pantauan media ini, para peserta yang berjumlah sekitar 50 orang tersebut tampak bersemangat memungut sampah untuk dikumpulkan ke bak motor roda tiga milik Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Sumbawa.

Kegiatan ini diawali dari funbike dengan gatis start di depan Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa Besar. Tepat pukul 07.00 wita para peserta berangkat dengan penuh semangat dan kompak hingga tujuan.

Setibanya di kawasan wisata kuliner Pantai Goa, peserta langsung mengambil bagian masing masing untuk membersihkan lokasi. “Tadi kami dibantu juga oleh armada tiga roda dari Dinas Lingkungan Hidup. Sehingga sampah yang dikumpulkan peserta gowes langsung dapat dibuang ke tempat pembuangan akhir,” imbuh Rafiq.

Giat SCC hari ini membawa misi, Ingo Roro, Kokat ( lihat sampah, pungut-red) tetap semangat menjaga kesehatan dengan bersepeda.

Selepas bersih-bersih Pantai Goa, seluruh peserta bersantai sejenak dan sarapan pagi dengan diiringi acara Bagesa yang disampaikan oleh Dr. Ahmad Yamin. Sesekali Rektor ISBUD SAREA ini melempar Joke segar yang membuat peserta gowes tersenyum bahkan tertawa terbahak-bahak. Bahkan salah seorang pembina SCC yakni GM Pelindo Badas Tri Sugiatno ikut tertawa terpingkal-pingkal, meski pejabat asal Solo ini tidak begitu paham bahasa daerah Sumbawa.

Setelah puas beraktivitas di Pantai Goa, peserta melanjutkan ke rute Dermaga Pelabuhan Badas dan sekitarnya. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published.