Ketua DPRD Sumbawa Apresiasi Kinerja Pejabat Sekwan Lama Haji Amri

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Sekretariat DPRD Kabupaten Sumbawa menggelar Acara Pisah Sambut pejabat Sekretaris DPRD Sumbawa, antara pejabat lama H Amri S.Sos.M.Si dengan pejabat baru Ir Ahmad Yani, pada Kamis Pagi 30 Desember 2021.

Pada kesempatan tersebut, Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq menyatakan sangat mengapresiasi kinerja pejabat Sekretaris DPRD lama H Amri. “Terima kasih kepada Sekretaris DPRD lama H Amri S.Sos M.Si yang saat ini menjabat sebagai inspektur, telah mampu membangun komunikasi, kolaborasi dan kinerja yang sangat baik selama menjadi Sekwan,” ujar Rafiq.

Dalam sambutannya Rafiq memaparkan, acara ini berawal dari inisiasi pimpinan dan anggota DPRD serta pejabat sekwan yang baru. Hal ini terjadi karena adanya jalinan emosional yang sangat kuat. “Kami melihat bahwa sosok pak inspektur adalah sosok yang terbuka, pekerja keras, sangat komunikatif. Dan alhamdulillah saya merasakan selama dua tahun menjadi pimpinan, adanya jalinan komunikasi yang luar biasa dan komunikasi yang profesional, serta ada hubungan keakraban yang terbangun,” beber Rafiq.

Perlu diketahui, lanjut Rafiq, bahwa jauh hari sebelum terjadi rotasi pejabat struktural di jajaran Pemkab Sumbawa, Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah telah meminta pertimbangannya terkait kekosongan jabatan di inspektorat. “Walhasil kami memberi pertimbangan agar pak H Amri bisa menjadi inspektur,” ungkap Rafiq.

Ia selanjutnya menyampaikan permohonan maaf kepada pejabat Sekwan lama atau yang sekarang menjabat Inspektur selama 5 tahun kebelakang bila dalam komunikasi ada hal yang kurang berkenan. “Kami berharap, Insya Allah karir Pak Inspektur akan terus melesat, tidak hanya sampai menjadi Inspektur, tapi juga jabatan lainnya,” tandasnya.

Demikian juga terhadap pejabat Sekwan yang baru diharapkan bisa bekerja secara profesional. “Dengan pengalaman dan pembelajaran selama 7 tahun di sekretariat DPRD, saya yakin Pak Yani akan mampu menyelesaikan pekerjaan dan melanjutkan apa yang telah dilakukan oleh sekwan lama. Kami yakin dengan ditempatkannya Bapak Ir. Ahmad Yani oleh Bupati Sumbawa, akan mampu bekerjasama dengan seluruh Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa,” ujarnya.

Menurut Rafiq, ini adalah momentum yang tepat membangun spirit bagaimana Tahun 2022 DPRD akan mampu menjalankan fungsinya, membackup dan mendukung fungsi-fungsi DPRD kabupaten Sumbawa.

Ahmad Yani

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris DPRD Sumbawa, Ahmad Yani mengatakan, acara yang digelar dengan penuh kehangatan dan kekeluargaan ini dilakukan untuk memperkuat silaturrahmi dan membangun kinerja yang lebih baik. “Alhamdulillah pagi hari ini kita dapat hadir dalam rangka silaturrahim walaupun label acara pisah sambut sekretaris DPRD, tapi inti maknanya adalah silaturrahim,” ujar Yani.

Ia selanjutnya megungkapkan, bahwa kegiatan Sekretariat DPRD yang terakhir adalah penyempurnaan dari evaluasi APBD Tahun Anggaran 2022 oleh Gubernur NTB. “Silaturrahim ini kata seorang filosof, ada keberkahan, ada penguatan. Inilah yang harus kita raih tahun 2022. Hal ini terinspirasi dari pengalaman kami ketika menjadi Kepala Dinas Sosial ada sebuah obsesi di sana. Terakhir kami ingin datangkan Menteri ke Sumbawa, Alhamdulillah terealisasi. Itupun setelah kami berkomunikasi dan bersilaturahmi dengan ketua dan wakil ketua DPRD,” bebernya.

Begitu pula pengalaman sebagai pembicara di tingkat nasional merupakan hasil dari interaksi dan silaturrahmi. Saat itu Sumbawa menjadi pilihan dari Pemerintah Pusat disamping Kabupaten Pacitan sebagai pembicara Nasional. Semoga hal ini menjadi spirit dan energi baru kami dalam menginjakkan kaki di Kantor DPRD Sumbawa,” ucap Yani.

Dalam kesempatan itu Yani mengaku pernah menjadi pegawai di sekretariat DPRD selama 7 tahun. “Sebenarnya pada 2004 sampai tahun 2011 pernah menjadi pegawai di sekretariat DPRD Sumbawa yakni Kabag Umum selama 4 tahun dan 3 tahun sebagai Kabag Humas. Mudah-mudahan saya bersama istri bisa memperkuat tugas dan fungsi bapak-bapak Dewan dalam fungsi budgeting controlling dan legislasi serta menjalin hubungan kemitraan. Hal inilah yang menjadi bagian penting untuk spirit energi bagi kami, tentunya arahan dari Ketua dan Pimpinan DPRD sangat kami butuhkan,” pungkas Yani.

Amri

Sebelumnya H Amri.S.Sos M.Si menyampaikan bahwa acara ini sebagai momentum yang sangat baik untuk berpamitan sekaligus permohonan maaf atas segala kesalahan yang dilakukan selama enam tahun berinteraksi di DPRD Kabupaten Sumbawa. “Atas rahmat Allah subhanahu wa ta’ala kita bersyukur semua bisa hadir dicara yang sangat baik ini,” ujarnya.

Amri menyebutkan, ada dua hal yang perlu disampaikannya pada momen tersebut.

Hal pertama adalah selama lebih dari 6 tahun menjabat sebagai sekwan, tentunya ada khilaf dan perilaku yang kurang berkenan di hati Pimpinan dan Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa. “Saya secara pribadi dan ketua dharma wanita sekretariat DPRD memohon maaf kepada pimpinan, dan Anggota DPRD serta seluruh staf di sekretariat DPRD. Selama tugas kita telah berusaha semaksimal mungkin dan tidak terbersit sedikitpun untuk bersikap ‘noberi‘ (tidak suka-red) selalu berusaha semaksimal mungkin melayani kebutuhan Anggota DPRD. Banyak hal yang telah dilakukan diantaranya dengan melakukan rapat rutin setiap Senin bersama pimpinan sehingga dalam mengambil keputusan ketua DPRD tidak sendiri,” terangnya.

Hal yang kedua yang perlu disampaikan, sambung Amri adalah dalam bekerja dibutuhkan saling percaya. “Jika demikian akan saling menghormati dan selanjutnya akan dapat saling menghargai. Bagi kami tidak ada seorangpun yang tugasnya tidak penting seperti cleaning service, penjaga kantor itu penting sebab jika tidak berfungsi, maka yang repot kita semua juga. Melalui kesempatan ini, saya bersama istri dan beberapa pegawai yang dimutasi mohon pamit terima kasih kepada ketua, wakil ketua dan Anggota DPRD serta seluruh karyawan sekretariat DPRD. Terima kasih atas kerjasamanya selama 6 tahun ini untuk selanjutnya akan bekerja di tempat lain yang saat ini berada di inspektorat. Meskipun demikian kita akan selalu bekerjasama saling berhubungan, tersambung dan saling berkaitan karena inspektorat dan DPRD tak bisa dipisahkan,” tutup Amri.

Hadir dalam pertemuan tersebut pimpinan DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq, Syamsul Fikri AR, SAg, M.Si, Nanang Nasiruddin SAP. Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany SPd.MPd, Anggota DPRD Kabupaten Sumbawa, Sekretaris Daerah Drs. H Hasan Basri MM. Asisten I Setda Sumbawa, dan tamu undangan.

Dari kiri : A Rafiq, Dewi Noviany, Amri didampingi istri

Ditemui di tempat yang sama Wakil Bupati Sumbawa Dewi Noviany SPd.MPd mengatakan Pisah Sambut adalah hal yang biasa dalam birokrasi sebagai upaya meningkatkan prestasi dalam pelayanan kepada Tau dan Tana Samawa, pengalaman dan karir ASN. “Dimana saja Aparatur Sipil Negara (ASN) ditempatkan kita harus siap dan tetap melayani masyarakat. Seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah pelayan masyarakat dan mengabdi pada negara,” jelas Novi.

Hal itu penting mengingat output yang harus dihasilkan oleh ASN bukan dalam bentuk profit, melainkan kepuasan masyarakat. Hal tersebut bisa dalam bentuk fisik infrastruktur, maupun jasa atau pelayanan.

Menurutnya, hal ini senafas dengan arahan Presiden kita, Bapak Joko Widodo bahwa ada 5 (lima) program utama yang akan diprioritaskan selama 5 (lima) tahun ke depan. Program tersebut antara lain pembangunan sumber daya manusia, pembangunan infrastruktur, reformasi birokrasi, reformasi regulasi, dan transformasi ekonomi. Reformasi birokrasi adalah landasan dalam mewujudkan pelayanan publik yang baik. “Mudah mudahan tahun 2022 Pemerintah Haji Mo – Novi dan DPRD tetap membangun kolaborasi dan bersinergi menuju Sumbawa Gemilang yang berkeadaban,” pungkasnya. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *