Ketua DPRD Sambangi Pokdarwis Labuhan Aji Pulau Moyo, Tekankan Pentingnya Kelestarian Hutan

Sumbawa, pulausumbawanews.net – Pulau Moyo merupakan salah satu destinasi di wilayah Kabupaten Sumbawa Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) yang telah dikunjungi para selebritis dari mancanegara. Pulau yang berlokasi di perairan Teluk Saleh tersebut diminati oleh wisatawan papan atas karena ingin menikmati suasana alam hutan tropis yang masih natural.

Namun belakangan, kondisi hutan konservasi di wilayah itu mulai terancam dengan banyaknya penebangan liar. Kondisi ini mengundang perhatian serius dari Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Abdul Rafiq. Dalam kunjungannya ke Desa Labuhan Aji Pulau Moyo, Kecamatan Labuhan Badas, Rafiq menfokuskan perhatiannya pada kondisi terkini yang ada di pulau Moyo.

Dijumpai oleh media ini Abdul Rafiq berpesan kepada masyarakat setempat dan Pokdarwis Labuhan Aji untuk melakukan pengawasan dan penjagaan terhadap keberadaan kawasan hutan di wilayah setempat. “Kita memiliki harapan kepada warga setempat untuk menjaga hutan dan tidak melakukan pembalakan hutan, karena apabila hutan sudah gundul, maka tidak ada daya tarik wisata di pulau tersebut. Tadi kami melihat secara langsung spot wisata Air Terjun Mata Jitu, dan lokasinya sangat indah. Tak heran mata dunia tertuju ke sana. Berkunjung ke sana seperti merasakan surga kecil yang sangat indah. Udaranya sangat sejuk, air terjun yang sangat indah, air yang masih jernih, sejuk dan bersih. Potensi wisata ini menjadi tanggungjawab kita bersama untuk menjaganya,” tandas Rafiq.

Kemudian lanjutnya, pokdarwis setempat diharapkan untuk ikut bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan hidup, hutan dan alamnya. Rafiq menganggap hal tersebut penting, karena bagaimanapun keberadaan lingkungan hidup yang menjadi daya tarik pariwisata dan sumber parekonomian warga harus dijaga. “Pengamatan kami di sebelah timur Desa Labuhan Aji tampak sudah dilakukan perambahan. Ini harus diantisipasi segera. Jangan sampai merembet ke daerah Kawasan hutan lindung yang dapat mengancam sumber air desa maupun kelestarian air terjun yang ada. Kami akan support apa yang menjadi program desa wisata,” terang Rafiq yang juga Ketua DPC PDIP Sumbawa ini.

Hadir pula di tempat tersebut Kepala Desa Labuan Aji, Sofyan, mengucapkan terima kasih atas kedatangan Ketua DPRD bersama rombongan, antara lain, GM Pelindo Sumbawa – Tri Sugiatno, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP)┬áBadas Sumbawa – Amir Pangi dan yang membahagiakan adalah hadirnya Putri Indonesia Pariwisata dr. Estelita Liana.

Atas arahan Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa Ketua Pokdarwis Desa Labuhan Aji, Taufik menyampaikan bahwa di akhir Desember 2021 akan dilaksanakan event penanaman pohon di sepanjang jalan menuju air terjun mata jitu dan berharap support dari Pemerintah Daerah maupun DPRD. “Kami telah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan Camat Labuhan Badas dan alhamdulillah akan diberikan bibit mahoni dan sengon yang akan ditanam di jalur menuju air terjun mata jitu,” tanggapnya.

Taufik menambahkan, hal lain yang dilakukan oleh Pokdarwis adalah menjaga habitat terumbu karang yang ada di pesisir laut Labuhan Haji dan pulau Moyo.

Taufik berharap apabila ada program pembangunan dari Pemerintah agar diberdayakan tenaga lokal seperti pengadaan barang, pembangunan Jalan setapak atau rabat beton. Demikian pula spesifikasi yang direncanakan juga disesuaikan dengan kondisi lokal yang memberikan kemudahan dalam mendapatkan bahan baku sehingga program-program yang digelontorkan oleh pemerintah dapat dinikmati oleh masyarakat. (PSmakruf)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *