Dinas PMD Sumbawa akan Turun ke Desa untuk Meninjau Pelaksanaan BLT DD

Sumbawa, PSnews – Penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) di Kabupaten Sumbawa sedang berproses. Hingga akhir Juni 2021 ini, desa di kabupaten setempat baru menyalurkan BLT DD hingga bulan kedua. 

Data yang diperoleh dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumbawa, dari 157 desa semuanya sudah menyalurkan BLT DD bulan 1. Kemudian bulan 2, sudah 141 desa yang menyalurkan dan tersisa 16 desa yang belum. Sedangkan di bulan 3 sampai 6, belum ada desa yang menyalurkan. ‘’Bulan 1 sudah semua. Bulan 2 sebanyak 141 desa yang sudah. Bulan 3 sampai 6 belum ada,’’ kata Kepala Dinas PMD Kabupaten Sumbawa melalui Kabid Pemerintahan Desa – Deden Fitriadi.

Dijelaskan, desa yang belum menyalurkan tersebut karena belum bisa menyampaikan laporan progres penyaluran yang sebelumnya. ‘’Ada syarat yang mewajibkan di dalam lampirannya itu untuk menyampaikan laporan progres yang sebelumnya. Dan desa yang belum itu, belum bisa menyampaikan progres laporannya. Sehingga dipending di dalam aplikasi BLT itu,’’ terangnya. 

Guna melakukan percepatan, pihaknya berencana turun ke desa mulai  minggu depan. Selain untuk mengetahui kendala terkait BLT DD, nantinya pihaknya juga akan mengecek terkait RKPDes. ‘’DPMD akan turun langsung ke desa untuk menggenjot laporan tersebut. Mulai minggu depan kita turun,’’ ungkapnya. 

Terkait penyaluran BLT DD ini, biasanya desa ada yang menyalurkan setiap bulan dan ada yang tiga bulan sekali. Hal ini bisa dilakukan, tergantung desa masing-masing. ‘’Besarannya Rp 300 ribu perbulan. Ada yang tiga bulan sekali, ada yang setiap bulan. Tergantung desanya boleh, yang penting laporannya,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *