Waspada Hujan Sangat Lebat di NTT, NTB dan Bali hingga 6 April

Jakarta, PSnews – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) merilis peringatan dini akan adanya siklon tropis di wilayah Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) yang bergerak ke barat daya. Diperkirakan kondisi itu akan berakibat pada terjadinya cuaca ekstrem di NTT, Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Bali. “Diperkirakan sampai hari Selasa (6/4), mohon kewaspadaan daerah terutama NTT, NTB, Bali. Potensi hujan sangat lebat masih bisa terjadi. Kita harapkan tanggal 6 sudah menjauh masuk Samudera Hindia. Harapan kita di tanggal 6 sore atau malam sudah semakin mereda,” ucap Kepala Pusat Meteorologi Publik, Fachri Radjab, dalam konferensi pers, Minggu (4/4/2021).

Adanya siklon tropis, juga akan mengakibatkan terjadinya gelombang tinggi di perairan. Sehingga, bagi kapal yang akan berlayar, diminta untuk waspada. “Penyeberangan dari Pulau Timur ke Pulau Rote, Kupang ke Sumba, begitupun ke Flores, ini waspada. Gelombang diperkirakan rata-rata 4-5 m di Kupang ke Pulau Rote,” ungkapnya.

Sementara itu, siklon ini bergerak meninggalkan Indonesia sangat lambat, namun memiliki putaran yang cukup kencang. “Kecepatan gerak lambat sehingga pengaruhnya akan menjadi lama. Tapi kecepatan angin pada pusarannya itu sampai 85 km per jam. Jadi bayangkan, pusaran 85 km sangat cepat, tapi meninggalkan Indonesia lambat. Sehingga, dampak akan sangat terasa dan tidak pergi-pergi,” ujar Dwikorita.

Dia berharap peringatan dini ini disebarkan dan diantisipasi oleh pemerintah dan masyarakat. Sehingga, meminimalisir korban dari banjir atau tanah longsor sebagai salah satu akibat dari adanya hujan lebat. “Mohon diwaspadai, disiagakan agar masyarakat dapat terlindungi, dapat diamankan, sehingga diharapkan, diupayakan tidak ada korban jiwa,” katanya.

Sebelumnya, BMKG menyebut akan ada kelahiran siklon tropis seroja di NTT Senin dini hari sekitar pukul 01.00 WIB. BMKG meminta warga sekitar waspada hujan lebat hingga gelombang tinggi. “Pada dini hari hingga pagi hari sekitar 6 hingga 12 jam ke depan sekitar pukul 18 UTC atau 01.00 WIB. Jadi 6 hingga 12 jam itu dihitung dari jam 19.00 WIB. Jadi saat ini sudah terkonfirmasi diprediksi pada pukul 1 dini hari nanti tanggal 5 April 2021 dari bibit siklon akan lahir benar-benar sebagai siklon tropis, nama siklon tropis yang diberikan adalah seroja. Sesuai dengan urutan nama siklon tropis dari BMKG secara internasional,” pungkas Dwikorita Karnawati. (PSp)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *