OPINI : Peran Pemerintah Dalam Mengatasi Masalah Ketenagakerjaan

Oleh : Mitha Aryanti ( Mahasiswa Ilmu Pemerintahan IISBUD Samawa Rea )

Masalah ketenagakerjaan adalah salah satu masalah yang masih dihadapi oleh Indonesia hingga saat ini, oleh karena itu, pemerintah perlu aktif untuk berperan dalam mengatasi masalah ini agar tenaga kerja dalam negeri semakin berkualitas dan banyak terserap diberbagai bidang. Pemerintah sendiri sudah berperan mengatasi masalah ini melalui beberapa kebijakannya.

Masalah ketenagakerjaan juga ketidakmampuannya negara Indonesia bersaing dalam pasar global yang menyebabkan banyak perusahaan-perusahaan Indonesia gulung tikar. Selain itu juga perusahaan-perusahaan asing juga malas dalam melakukan investasi di Indonesia karena kemampuan daya saing kita dengan negara lain rendah. Kondisii ekonomi seperti itu akan berdampak terhadap masalah ketenagakerjaan yakni tingginya tingkat pengangguran diindonesia. Dengan demekian pemerintah mengatasi masalah ketanegarakerjaan sebagai berikut :

  1. Menyediakan pendidikan dan pelatihan yang berkualitas untuk calon dan para tenaga kerja

Seorang tenaga kerja tentunya harus memiliki skill-skill yang baik sesuai bidang mereka, sehingga untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja diperlukan pendidikan hingga pelatihan yang meningkatkan kualitas. Selain itu, dengan pendidikan dan pelatihan ini secara tidak langsugn pemerintah juga sudah berupaya menurunkan angka pengangguran.

  1. Meningkatkan penyerapan tenaga kerja dalam negeri

Pemerintah tentunya perlu memanfaatkan tenaga kerja yang ada dalam negeri untuk dapat aktif sehingga mengurangi angka pengangguran pula. Pemerintah meningkatkan penyerapan tenaga kerja dalam negeri melalui penyediaan lapangan kerja terlebih lapangan kerja padat karya yang dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja dalam jangka panjang.

  1. Membuat kebijakan yang membatasi kuota tenaga kerja asing

Kualitas tenaga kerja dalam negeri memang tidak secara keseluruhan kalah dari tenaga kerja asing, namun bila angka tenaga kerja asing terus meningkat untuk mengisi lapangan kerja yang seharusnya dapat diisi oleh tenaga kerja dalam negeri hal ini akan berpengaruh pada penurunan kesempatan kerja tenaga kerja. Oleh karena itu pemerintah membatasi kuota tenaga kerja asing.

  1. Memberikan perlindungan terhadap tenaga kerja

Pemerintah sejak awal selalu berusaha mengupayakan perlindungan hak-hak tenaga kerja salah satunya kesehatan, selain itu, pemerintah juga melindungi tenaga kerja dari adanya perusahaan yang tidak bertanggung jawab seperti melalukan phk massal tanpa alasan jelas. Tentu dengan keberanian pemerintah melindungi hak-hak tenaga kerja, angka produktifitas tenaga kerja dalam negeri akan semakin meningkat

  1. Membuat kebijakan berkaitan upah minimum dan waktu kerja yang memihak tenaga kerja dalam negeri

Peran pemerintah dalam hal ini dilakukan dengan menentukan upah minimum mulai dari UMP,UMR, dan UMK. Selain itu, pemerintah juga menentukan batas wajar jam kerja yang sesuai dengan upah yang didapat agar ada keadilan yang dirasakan tenaga kerja untuk semakin produktif.

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *