DPC PDIP Sumbawa Tegaskan Tolak Impor Beras

Sumbawa, PSnews – Keputusan impor beras oleh Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi ditolak keras oleh DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa. Pasalnya, keputusan tersebut dinilai sangat merugikan petani. “Keputusan Menteri Perdagangan itu terkesan diputuskan secara sepihak. Terlebih lagi saat ini sudah memasuki musim panen,’’ kata Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa – Abdul Rafiq kepada wartawan, Selasa (23/3/2021).

Seharusnya lanjut Rafiq, Menteri Perdagangan yang ditugaskan oleh Presiden, mampu memahami kondisi lapangan secara komprehensip. Jangan gegabah mengambil suatu keputusan. ‘’Kita harus melindungi petani kita. Kita juga harus mencintai produk dalam negeri, termasuk di dalamnya beras ini. Karena itu, kami PDIP Sumbawa menolak kebijakan Menteri Pedagangan RI untuk impor beras,’’ tegas Rafiq yang juga Ketua DPRD Sumbawa.

Dijelaskan, tidak semua daerah di Indonesia mengalami kekurangan stok beras, khususnya Kabupaten Sumbawa. Ini dibuktikan dengan Sumbawa melalui Bulog yang sudah beberapa kali melakukan pengiriman beras ke luar daerah di tahun 2021. Bahkan stok beras di Sumbawa saat ini mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga 8 bulan kedepan. ‘’Kebijakan impor beras saya rasa tidak tepat. Apalagi di musim panen seperti ini. Harusnya Pemerintah fokus pada perbaikan harga beli di tingkat petani, agar petani kita semakin sejahtera,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *