Rakor Forum LLAJ Sumbawa Sepakat Tutup Simpang Bank Mega

Sumbawa, PSnews – Dalam upaya mengatasi masalah lalu lintas, Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa kembali mengadakan Rapat Kordinasi (rakor) Forum LLAJ, Jumat (5/2/2021). Rakor yang digelar kali ini sebagai tindak lanjut rekomendasi yang diberikan Satlantas Polres Sumbawa terkait Rekayasa Pengalihan Arus di depan Bank Mega yang dilaksanakan di ruang rapat Kantor Dishub sumbawa.

Rapat Koordinasi Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan ( LLAJ ) tersebut, dihadiri Kadis Perhubungan Sumbawa- Abdul Azis, Kanit Dikmas – Rosihan, Kasat Lantas Polres Sumbawa- IPTU Samsul Hilal SH, Sat Lantas Polres Sumbawa – Aipda Usmanto S.AP, Kadis PUPR Sumbawa, Kepala FKUB Kab. Sumbawa, Media Rungan Samawa, serta sejumlah personil Satlantas.

Kepala Dishub, Abdul Azis mengajak anggota forum untuk fokus pada upaya menyikapi rekayasa jalan di Simpang Bank Mega Sumbawa Besar. “Akhir-akhir ini banyak yang komplain terutama melalui media sosial terkait rekayasa jalan yang kita lakukan di Simpang Bank Mega. Karenanya kami sangaja mengundang peserta rakor untuk membahas masalah tersebut,” terangnya.

Azis berharap rakor ini dapat mendapat kata sepakat sebagai dasar pihaknya dalam mengambil langkah-langkah strategis.

Pada kesempatan itu, Kasat Lantas Polres Sumbawa, Iptu Samsul Hilal SH berharap kepada agar semua pihak dapat mensosialisasikan arus mana saja yang akan direkayasa. Dia juga mengingatkan, agar sebelum melakukan rekayasa jalan supaya senantiasa mengacu pada aturan main.

Ada beberapa substansi yang ditekankan dalam rakor tersebut, diantaranya, rekomendasi dari Satlantas Polres Sumbawa agar segera melakukan rekayasa arus lalu lintas di depan Bank Mega dan akan ditindaklanjut oleh Dinas PUPR untuk pemasangan barikade beton permanen. Kemudian pemindahan U Turn di depan Dinas Pertanian ke bagian Selatan di depan Alfamart untuk minimalisir pelanggaran melawan arus yang berbelok di U Turn depan Dinas Pertanian. “Ada beberapa poin yang perlu kita sepajati, yakni, simpang jalan di depan Bank Mega ditutup. Jalan Kamboja ke arah Seroja dilarang, dari Tiara Mas menuju Tugu Mas boleh belok kanan ke arah barat, jalan tembus di Jl Diponegoro menuju Gang Mangga ditutup, digeser dengan membuka akses di depan toko Foto Copy boleh ke arah jalur kanan,” tegas Abdul Azis saat memimpin rakor.

Selanjutnya Dishub akan menyiapkan rambu-rambu penanda alih arus dan jalur yang tidak boleh dilalui.
Melaksanakan sosialisasi baik melalui medsos maupun media massa tentang rekayasa arus lalu lintas di depan Bank Mega. Menyiapkan personil baik dari Satlantas maupun Dishub untuk mengawasi pelaksanaan sosialisasi di lapangan. Dalam waktu dekat, akan dilakukan pembongkaran dan pemasangan Barikade Beton oleh Dinas PUPR Sumbawa. (PSp)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *