LPPD Kabupaten Sumbawa dapat Predikat Kinerja Sangat Tinggi

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten Sumbawa menerima penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia atas prestasi penyelenggaraan pemerintah daerah dengan nilai 3,2871 dan predikat kinerja sangat tinggi berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2018. Hal itu diungkapkan Plt. Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – Arif Alamsyah, di ruang kerjanya, Selasa (1/12).  “LPPD Kabupaten Sumbawa tahun 2018 mengalami peningkatan nilai dari tahun sebelumnya, dimana pada Tahun 2017 jumlah nilai yang diperoleh sebesar 3,2458, yang kesemuanya termasuk dalam predikat kinerja sangat tinggi,” terangnya.

Arif, yang juga sebagai Kabag Organisasi dan Pendayagunaan Aparatur Setda Sumbawa ini menjelaskan, sebagaimana tercantum dalam UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, bahwa Kepala Daerah memiliki kewajiban untuk menyampaikan LPPD kepada Presiden melalui Menteri Dalam Negeri untuk Gubernur, dan kepada Menteri Dalam Negeri melalui Gubernur untuk Bupati/Walikota.

Selanjutnya LPPD yang disampaikan oleh Pemerintah Daerah kepada Pemerintah Pusat dilakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) setiap tahun sesuai pasal 16 Peraturan Pemerintah No. 6 Tahun 2008 yang menyebutkan bahwa LPPD merupakan sumber informasi utama untuk melakukan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Diungkapkan, tujuan evaluasi adalah untuk  mengetahui keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan dari hasil yang telah direncanakan. Adapun pemberian apresiasi dan penetapan predikat kinerja adalah untuk memberikan rekomendasi dan motivasi bagi daerah untuk mendorong peningkatan kinerja.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Sumbawa – Hasan Basri yang ditemui terpisah mengaku bangga dengan peningkatan nilai LPPD yang diraih Kabupaten Sumbawa. Menurutnya, penghargaan ini bisa diraih berkat kerjasama serta dukungan semua pihak. ”Insya Allah capaian ini dapat menjadi pemacu semangat bagi seluruh OPD agar dapat meningkatkan kinerjanya menjadi lebih baik lagi di masa mendatang,” pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *