Dua Kampus Inisiasi KKN Tematik tentang STBM

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mencapai target Sustainable Development Goals (SDGs), termasuk dalam hal akses air minum dan sanitasi. Untuk mencapai target tersebut, diperlukan kolaborasi semua sektor termasuk pemerintah, swasta dan organisasi lain, seperti yayasan, perkumpulan dan perguruan tinggi.
Melalui tri darma perguruan tinggi yaitu pengabdian masyarakat diharapkan peran perguruan tinggi untuk mendukung program pemerintah. Salah satu program prioritas pemerintah Kabupaten Sumbawa saat ini adalah persoalan sanitasi.
Untuk mencapai target sanitasi, dua kampus di Sumbawa (Universitas Samawa dan Universitas Teknologi Sumbawa) yang selama ini terlibat aktif dalam Pokja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) berinisiasi untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik tentang Sanitasi Tota berbasis Masyarakat (STBM) yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan Juli 2019.
Bersama Pokja AMPL dan Yayasan Plan International Indonesia (YPII), pembekalan mahasiswa kedua kampus tersebut akan dilaksakan pada awal Juli 2019.
Di level desa, direncanakan mahasiswa akan melaksankan kegiatan antara lain, Studi Environmental Health Risk Assessment (EHRA) atau studi penilaian risiko kesehatan, sosialisasi STBM baik kepada masyarakat maupun sekolah, pemicuan kepada masyarakat, dan kegiatan lain yang dapat mencapai target 5 pilar STBM. (YPII/Jatmoko)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *