Syamsul Fikri Pimpin KONI Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Syamsul Fikri AR dipecaya memimpin Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Sumbawa periode 2019 – 2023. Terpilihnya Fikri secara aklamasi, dalam Musyawarah Olahraga Kabupaten (Musorkab) yang digelar Kamis (2/5/2019) di Padepokan KONI Sumbawa.

Ketua Musorkab – Tata Kostara dalam sambutannya menyatakan, kegiatan ini digelar setiap empat tahun sekali untuk memilih Ketua KONI Sumbawa. Musorkab bersifat persaudaraan dan kekeluargaan, dalam upaya meningkatkan prestasi olahraga baik di Kabuapten Sumbawa, Provinsi NTB maupun prestasi olahraga ditingakat Nasional. “Para peserta Musorkab yang hadir merupakan utusan pengurus KONI Provinsi NTB, dewan penyantun, dewan kehormatan, pengurus KONI Sumbawa 2015-2019, serta utusan setiap anggota cabor,’’ terangnya.

Andy Hadianto

Ketua KONI NTB – H Andy Hadianto mengapresiasi pengurus KONI Kabupaten Sumbawa yang mampu memelihara fasilitas olahraga yang ada. Ia juga mengakui Kabupaten Sumbawa memiliki cukup banyak atlet berprestasi, bahkan namanya sudah mendunia. “Kita tahu saat ini Sapwaturrahman adalah pelompat jauh terbaik di Indonesia, memecahkan rekor melopat sejauh 8,19 meter. Mudah-mudahan di Taiwan pada 23 hingga 25 Mei nanti Sapwaturrahman akan menunjukkan kebolehannya dalam event internasional, kita doakan dia bisa memecahkan rekor untuk lompat jauh,’’ harapnya.

Sementara Bupati Sumbawa yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra – HM Ikhsan mengatakan, saat ini terdapat banyak cabang olahraga prestasi dan fungsional. Sehingga KONI dituntut untuk melaksanakan tugasnya dengan baik serta memiliki pengelolaan manajemen yang teratur, agar menjadi organisasi yang mandiri dalam mencapai tujuan yang diharapkan.

Menurutnya, ada tiga tantangan pembangunan olahraga saat ini, seperti tingginya tuntutan publik terhadap prestasi olahraga yang terus meningkat, kemudian menjadikan olahraga sebagai instrumen pembangunan, serta desentralisasi pembangunan olahraga. “Untuk itu, Musorkab ini dikatakan berhasil apabila  selain membentuk kepengurusan yang baru, juga mampu menyusun progam kerja secara tepat sasaran dan dapat diaplikasikan melalui kegiatan di lapangan. Jika peserta Musorkab mampu  mengambil dua keputusan penting tersebut, saya yakin  pembinaan dan pengembangan olahraga prestasi di Kabupaten Sumbawa akan semakin baik, dan prestasi para atlet kita akan sangat membanggakan bagi masyarakat Sumbawa dan juga masyarakat NTB pada umumnya,’’ tukasnya.

Ditemui wartawan usai pemilihan, Ketua KONI Sumbawa terpilih – Syamsul Fikri menyatakan, target jangka pendek yang akan lakukan yakni membangun koordinasi yang efektif dengan seluruh cabor. Ketika SK kepengurusan sudah diterima, pihaknya kemudian menggelar rapat kerja cabang KONI dengan cabor, untuk menyusun program kerja serta penyusunan anggaran cabor. “Nanti cabor usulkan anggaran ke KONI. Saya akan melakukan proses keadilan anggaran,’’ tandasnya.

Dalam memimpin KONI Sumbawa, Fikri bakal merangkul semua pihak, baik itu Pemerintah, pengusaha, BUMN, BUMD, serta lainnya. Guna lebih meningkatkan prestasi olahraga di Kabupaten Sumbawa. ‘’Saya akan berkoordinasi dengan seluruh KONI Kecamatan. Dan meminta mereka untuk melakukan pengusulan kegiatan-kegiatan, dan saya berniat memberikan anggaran stimulan ke mereka untuk mengadakan kegiatan ditingkat Kecamatan. Ini bentuk pembinaan berjenjang, sehingga tercipta atlet yang berperstasi yang hebat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment