Susun RKPD 2020, Pemkab Sumbawa Gelar Musrenbang

Sumbawa, PSnews – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumbawa menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) tingkat Kabupaten pada Kamis (28/3/2019), di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa. Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka penyusunan RKPD Tahun 2020.

Kepala Bappeda Sumbawa – Junaidi melaporkan, pelaksanaan musrenbang diharapkan akan menghasilkan output berupa rancangan akhir RKPD 2020, yang muatannya meliputi prioritas pembangunan daerah TA 2020 beserta program, kegiatan, pagu indikatif, indikator dan target kinerja, serta lokasi dari rencana program dan kegiatan. Adapun jumlah peserta musrenbang sebanyak 250 orang yang terdiri dari unsur perangkat daerah, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, unsure Perguruan Tinggi, Organisasi Wanita, dan unsur dunia usaha.

Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril dalam sambutannya mengatakan, tema pembangunan Tahun 2020 “peningkatan daya saing daerah melalui pemantapan pelayanan dasar, penguatan ekonomi lokal dan pengembangan inovasi”. Terdapat 6 fokus penjabaran dari tema tersebut yaitu penurunan angka kemiskinan, stunting dan pemenuhan hak sipil anak melalui pemenuhan pelayanan sosial, peningkatan kualitas infrastruktur, peningkatan realisasi investasi dan nilai tambah produk unggulan daerah, peningkatan kualitas lingkungan hidup, pariwisata dan kebudayaan, pengembangan sistem inovasi daerah, serta pembinaan kerukunan umat beragama dan wawasan kebangsaan.

Secara spasial, Pemerintah Kabupaten Sumbawa telah membangun sinergi dengan Pemprov dan Pempus dalam pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Daerah (KSPD) Provinsi seperti di KSPD Samota, dan pembangunan Bendungan Beringin Sila. Adapun beberapa proyek strategis nasional lainnya yang masih bersifat on-going ataupun tertunda seperti penuntasan ruas Samota sepanjang 24 kilometer, pelebaran jalan garuda, pembangunan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Aik Ngelar. “Kami harapkan proyek strategis nasional itu dapat terealisasi pada tahun 2020,’’ harap Bupati.

Kepada Kepala BWS NT I, Bupati menyampaikan harapan masyarakat Empang, Alas Barat, Moyo Hilir dan Moyo Utara yaitu agar dapat dilakukan normalisasi sungai, penguatan tebing, rehab bendungan, dan lain-lain yang menjadi usulan mengemuka dalam forum musrenbang kecamatan di tahun 2019. Kepada Pemerintah Provinsi, Bupati berharap agar penyediaan infrastruktur khususnya akses jalan ke wilayah-wilayah yang masih terisolir agar dapat menjadi tanggung jawab bersama. Terkait pesta demokrasi 17 April 2019, Bupati menghimbau agar seluruh peserta musrenbang dapat bersama-sama menjaga, sehingga pesta demokrasi berlangsung secara tenang, aman dan damai dalam rangka menjaga stabilitas politik di Kabupaten Sumbawa.

Dalam acara tersebut, Kepala Bidang Perencanaan Prasarana Wilayah Bappeda Provinsi NTB – Agus Hidayatullah memaparkan, terkait program pembangunan daerah Provinsi NTB di Kabupaten Sumbawa Tahun 2019 dan arah kebijakan pembangunan Provinsi NTB Tahun 2020. Sementara itu, perwakilan Kepala BWS NT I – Muhammad Rifai menyampaikan arahan tentang realisasi kegiatan BWS NT I tahun 2019 dan rencana kerja tahun 2020 di Kabupaten Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *