Bapenda Evaluasi Pedagang Pasar Brangbara

Sumbawa, PSnews – Upaya memanfaatkan Pasar Brang Bara secara penuh terus dilakukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa. Salah satunya telah melakukan pendataan ulang terhadap pedagang yang telah terdaftar, dan berada dekat dengan lokasi pasar setempat. Sambil terus melakukan evaluasi terhadap aktifitas di pasar tersebut. “Untuk Pasar Brang Bara kita terus evaluasi. Kita memberikan batas waktu kemarin itu untuk pendaftar yang sudah terdaftar untuk segera beraktifitas. Lewat dari itu akan dievaluasi ulang,’’ kata Sekretaris Bapenda Sumbawa Arif Alamsyah kepada wartawan.

Arif Alamsyah

Artinya, pendaftar-pendaftar dari warga Kelurahan Brang Bara yang tidak segera beraktifitas atau berjualan di lokasi pasar, akan ditarik kembali. Sehingga direalokasikan kepada pedagang-pedagang yang memang beraktifitas sebagai pedagang, dan bersedia mengisi lapak di dalam Pasar Brang Bara. ‘’Supaya pasar itu tidak kosong. Harus bisa dimanfaatkan. Mungkin ini peluang bagi pedagang-pedagang yang aktif, untuk bisa mengisi,’’ tukasnya.

Lebih lanjut dijelaskan, nama pedagang itu tidak akan diganti dengan yang lain, ketika mereka memiliki komitmen dengan Pemda, untuk bersedia beraktifitas. Apalagi sudah ada waktu tiga bulan diberikan oleh Pemda, untuk mengumpulkan modal usaha. ‘’Yang tidak menempati lapaknya bisa dipastikan mereka tidak akan ditempatkan disitu. Kecuali mereka berkomitmen untuk segera beraktifitas, maka akan kita panggil lagi. Sesuai dengan komitmen mereka, tiga bulan ini untuk mengumpulkan modal. Kalau mereka sudah sanggup, maka kita tempatkan kembali. Tapi kalau tidak maka kita tarik, untuk kita alokasikan kepada yang lain,’’ ujarnya.

Diungkapkan, pada akhir pendaftaran Desember 2018 lalu, ada sekitar 300 lebih pendaftar yang ingin berjualan di Pasar Brang Bara. Dari jumlah itu yang diterima sekitar 252 orang pedagang, sesuai kapasitas yang tersedia. ‘’Harapan kita juga mungkin sebagian pedagang Pasar Seketeng yang mau itu mungkin bisa masuk. Tapi sementara ini kita utamakan yang sudah mendaftar dulu. Karena yang mendaftar dulu itu lebih dari 300 orang. Yang sudah mendapatkan haknya sekitar 100 orang lebih, dan itu yang kita evaluasi,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *