Perusda Sumbawa Dicanangkan Jadi Pusat Bisnis dan Informasi

Sumbawa, PSnews – Perusahaan Daerah (Perusda) Sabalong Samalewa direncanakan untuk menjadi pusat bisnis dan informasi bagi masyarakat Kabupaten Sumbawa. Namun saat ini, Direktur baru fokus melakukan pembenahan di internal Perusda. “Misi saya menajdikan perusda sebagai pusat bisnis dan informasi untuk masyarakat,’’ kata Direktur Perusda – Mila Rosalia kepada wartawan.

Menurutnya, beberapa waktu kedepan akan difokuskan untuk melakukan pembenahan internal. Seperti laporan keadaan sebelumya, pengarsipan dan penataan administrasi lainnya, termasuk penataan jam kerja untuk membangun suasan tertib. “Yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak dilanjutkan sewa ini, Perusda punya SDM atau pegawai yang harus saya gaji, bagaimana perusahaan menggaji kalau mereka tidak bekerja, untuk menggaji mereka sangat penting untuk kami membangkitkan usaha yang ada,” ujarnya.

Setelah itu, akan dilakukan penataan menajemen bisnis yang mungkin dilakukan dalam waktu dekat dengan aset yang dimiliki. Antara lain, perubahan pemanfaatan aset, dari sistem sewa menjadi pengolahan secara mandiri. ‘’Selama ini prusda menjalankan sistem sewa. Contohnya pemecah batu dan dam truk disewakan ke pihak lain. Hal-hal seperti ini saya ingin menata ulang kembali di dalam 10 hari saya bekerja. Saya petakan internal, potensi Prusda bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan income atau pemasukan untuk perusda dengan sistem pengelolaan, bukan sistem sewa,’’ jelasnya.

Ia menegaskan, perubahan sewa menjadi pengelolahan sangat memungkin dilakukan dalam waktu dekat. Sebab, perusda memiliki sumber daya manusia yang mendukung melakukan perubahan. ‘’Yang menjadi pertimbangan saya untuk tidak dilanjutkan sewa ini, Prusda punya SDM atau pegawai yang harus saya gaji. Bagaimana perusahaan menggaji kalau mereka tidak bekerja, untuk menggaji mereka sangat penting untuk membangkitkan usaha yang ada,’’ katanya.

Diharapkan dalam menjalankan program jangka pendek maupun menengah dan jangka panjang, agar Pemerintah Daerah memberikan dukungan sebagai pemilik modal. ‘’Saya meminta support untuk mendukung program saya agar Perusda itu bangkit. Ayo kita sama-sama membangun daerah,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *