Presiden Jokowi Agendakan Jenguk Korban Gempa Lombok

Sumbawa, PSnews – Terjadi gempa berkekuatan 6,4 SR pada Minggu (29/7/2018) pukul 06.47 Wita, dengan pusat gempa berada di 28 km Barat Laut Lombok Timur-NTB, 32 km Timur Laut Lombok Utara, 57 km Timur Laut Lombok Tengah dan 61 km Timur Laut Mataram.

Sejauh ini diketahui ada sekitar 15 warga Lombok Timur dan Lombok Utara yang meninggal dunia, bahkan ada pula yang mengalami luka berat dan ringan, akibat bencana alam tersebut. Selain itu, beberapa bangunan rumah maupun fasilitas publik roboh diterjang gempa, meskipun diketahui tidak berpotensi tsunami. Gempat ini juga dirasakan oleh masyarakat yang ada di pulau Bali dan Sumbawa.

Presiden RI – Joko Widodo yang ditemui wartawan saat berkunjung ke Kabupaten Sumbawa mengakui sudah mendapat laporan dari Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, BNPB, Kementerian Sosial, dan Kementeiran PU mengenai gempa yang terjadi di Lombok Timur tersebut.

Presiden Jokowi disambut Gubernur NTB ~ M Zainul Majdi dan Arifin Panigoro (kanan) serta Cagub NTB terpilih 2018 – 2013 ~ Zulkieflimansyah (kiri) di Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin III Sumbawa

Mengetahui hal itu, Presiden Jokowi pun sudah memerintahkan Kepala BPNB, Menteri PU, Menteri Sosial termasuk Panglima TNI, untuk segera bergerak membantu masyarakat yang terkena musibah. ‘’Kita harapkan sore atau besok pagi semuanya sudah terorganisasi untuk turun membantu,’’ tuturnya.

Bahkan rencananya, Presiden Jokowi pagi ini akan bertolak ke Lombok Timur untuk meninjau langsung para korban gempa tersebut. ‘’Rencana peninjauan ada. Sebetulnya tadi diatur mau kesana, tapi karena sudah mau malam, jadi besok pagi-pagi langsung ke lokasi. InsyaAllah besok pagi,’’ tegas Presiden. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *