Ratusan Bidang Tanah Didaftar Dapat Sertifikat Gratis

Sumbawa, PSnews – Bagian Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Sumbawa dalam tahun ini memasukkan ratusan bidang tanah milik Pemda ke program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL). Ini merupakan program penerbitan sertifikat gratis yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Kepada media ini, Kabid Aset – Kahiruddin mengungkapkan, ada banyak bidang tanah yang didaftarkan untuk penerbitan sertifikatnya dalam tahun ini. Selain lahan Puskesmas Sebotok, ada juga ratusan bidang tanah lainnya, terutama yang didaftarkan dalam program PTSL. ‘’Ada banyak daftar yang kami, kemungkinan ada ratusan bidang,’’ terangnya.

Diungkapkan, ratusan bidang tanah yang didaftarkan ke program PTSL tersebut berada di beberapa Kecamatan, seperti Moyo Utara, Moyo Hulu, serta lainnya. Itu berupa lahan pertanian maupun tanah pecatu. ‘’Kalau di luar itu kita daftar independent, istilah kita ajak orang tersendiri untuk mengukurnya. Itu sudah jalan, yang bisa tercover oleh anggaran yang kita miliki,’’ tandasnya.

Bagi ratusan lahan yang sudah di daftar melalui program PTSL, sudah dilakukan pengukuran. Bahkan pihaknya ikut mendampingi saat kegiatan itu, untuk mengetahui mana lahan yang milik Pemda, dan mana lahan milik masyarakat.

Pihaknya menilai adanya program tersebut sangat membantu Pemda dalam memenuhi dokumen kepemilikan asset. ‘’Alhamdulillah sangat membantu kita.  Ini bagus sekali, kita langsung bisa mendapat sertifikat gratis nanti dari mereka (BPN),’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *