Bupati Ungkap Keberhasilan Daerah di HUT Kabupaten ke 59

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril mengungkap beberapa keberhasilan yang diraih daerah dalam upacara perayaan HUT Kabupaten Sumbawa ke 59 pada Senin (22/1/2018). Peringatan HUT ini juga menjadi momentum untuk melakukan evaluasi selama Ia dan Mahmud Abdullah memimpin roda pemerintahan.

Tema dari perayaan HUT tahun ini adalah “Mewujudkan Kabupaten Sumbawa Yang Hebat Dan Bermartabat Melalui Pengembangan Inovasi Daerah”. Bupati bersama Wabup beberapa waktu lalu melakukan evaluasi kinerja OPD dengan cara mendengarkan presentasi masing-masing Kepala OPD tentang capaian kinerja pada 2017. Tujuannya untuk merumuskan tindakan yang nyata sehingga bisa meningkatkan kinerja OPD secara signifikan. ‘’Evaluasi seperti ini sangat penting, mengingat ekspektasi masyarakat akan keberadaan kita dalam memberikan pelayanan semakin hari semakin meningkat,’’ tuturnya saat memimpin upacara di halaman kantor Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengungkapkan berbagai keberhasilan yang berhasil diraih daerah. Seperti dibidang tranportasi, berkat kerjasama yang sinergis dengan Pusat, terminal baru Bandara Sultan Kaharuddin III telah dioperasikan. Pemda juga sudah mempersiapkan lahan untuk penambahan panjang run way sehingga bisa didarati oleh pesawat yang lebih besar.

Begitu pula dengan infrastruktur jalan, rasio jalan mantap terus meningkat setiap tahun. Pada 2016, peningkatan dan pemeliharaan jalan kabupaten dan infrastruktur pendukung sepanjang sepanjang 105,19 km. Sedangkan tahun 2017 lalu dilanjutkan sepanjang 78,5 km yang sebagian besar berlokasi di daerah terpencil, dengan anggaran sekitar Rp 111 milyar, seperti ruas ropang-lebin, labangkar-ranan, lantung-ropang, lantung ai mual-lantung pedesa, ropang-lawin, simpang lawin-labangkar, pelita-batu rotok, batu dulang-tepal, dan teladan-kelawis. Selain beberapa ruas jalan di kecamatan alas, sumbawa, dan unter iwes. ‘’Itu semua bertujuan untuk meningkatkan akses dan upaya pemerataan pembangunan. Dan tahun 2018 ini, InsyaAllah pembangunan bendungan beringin sila yang sudah lama diidam-idamkan oleh warga kecamatan utan akan segera dimulai,’’ ungkapnya.

Dalam bidang kesehatan, pemerintah terus melanjutkan program revitalisasi puskesmas sehingga semakin banyak puskesmas yang terakreditasi. Tahun 2017, juga sudah dirampungkan penyusunan master plan relokasi RSUD. Dalam bidang ekonomi, Pemda terus melanjutkan program revitalisasi pasar untuk menghadirkan pasar rakyat yang lebih representatif sebagai sentra pengembangan ekonomi kerakyatan. Berbagai pasar telah dilakukan perbaikan selama tahun 2017, seperti pasar brang bara, pasar langam, pasar labuhan sumbawa dan pasar utan. Tahun 2017 juga sudah disusun ded pasar seketeng dan pusat distribusi karang dima. Tahun 2018 sudah dipersiapkan anggaran untuk pembebasan lahan di dalam pasar seketeng dan pematangan lahan di calon lokasi pusat distribusi karang dima.

Begitu pula dibidang pertanian, produksi padi terus meningkat hingga Kabupaten Sumbawa menjadi salah satu lumbung beras yang menopang keberlanjutan program ketahanan pangan secara nasional. Produksi jagung begitu melimpah ruah, demikian juga dengan hasil ternak utamanya sapi, kerbau dan kuda yang penjualannya menjangkau ke pulau jawa, kalimantan dan sulawesi. ‘’Apa yang kita lihat, kita rasakan dan kita capai pada hari ini selain merupakan buah dari kerja keras dan kerjasama kita hari ini, tentu tidak lepas pula dari andil pendahulu kita,’’ tandasnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat yang tersebar dalam berbagai profesi. Dari guru, dosen, petani, peternak, nelayan, pedagang dan profesi lainnya telah bekerja begitu keras guna menghadirkan kesejahteraan di daerah ini. Termasuk seluruh ASN yang terus berusaha keras menghadirkan pelayanan publik yang berkualitas. ‘’Saya berharap seluruh elemen masyarakat Kabupaten Sumbawa terus mempertahankan semangat kebersamaan dan memelihara suasana kondusif di daerah kita tercinta, demi suksesnya pembangunan daerah di berbagai bidang,’’ demikian Bupati.

Dalam upacara tersebut, dihadiri pula beberapa pejabat nasional, seperti Wakil Ketua DPRD RI Fahri Hamzah, Ketua Satgas Dana Desa Pusat – Bibit Samad Riyanto, Anggota DPR RI Dapil NTB Syafruddin, termasuk Wakil Gubernur NTB M Amin, serta para pejabat lainnya dan masyarakat Kabupaten Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *