Beras Bansos Nontunai Mulai Didrop ke Kecamatan

Sumbawa, PSnews – Beras bantuan sosial (Bansos) mulai didrop oleh Perum Bulog Sub Divre Sumbawa ke masing-masing Kecamatan. Ini ditandai dengan pelepasan truk pengangkut beras Bansos Rastra di Kantor Kecamatan Sumbawa, Kamis (18/1/2018).

Dalam sambutan singkatnya, Camat Sumbawa – Varian Bintoro menyampaikan, penyerahan perdana untuk wilayah NTB dipusatkan di KSB. Tentunya Sumbawa sebagai salah satu Kabupaten yang ada di NTB juga ikut melakukan penyerahan secara serentak tersebut.

Dalam kesempatan ini, Varian-akrabnya disapa, mengingatkan kepada Lurah yang berada di wilayahnya bahwa Bansos Rastra kali ini tanpa tebusan. Diberharapkan penyaluran ini dapat berjalan dengan lancar dan bermanfaat bagi Keularga Penerima Manfaat (KPM). “Kami sudah instruksikan kepada Lurah untuk menerima dan menyampaikan Bansos rastra ini kepada KPM. Mudahan-mudahan berjalan dengan lancar dan tertib,” ujarnya, yang dilanjutkan pelepasan truk pengangkut Bansos Rastra secara simbolis.

Ditemui usai kegiatan, Kasi GP3 Perum Bulog Sub Divre Sumbawa – H Syamsuddin mengatakan, ada perubahan kuantum pada Bansos Rastra. Pada tahun 2017 lalu, kuantumnya sebanyak 15 kilogram per KPM dengan diwajibkan membayar Rp 1.600 perkilogramnya. Namun pada tahun ini, kuantum Bansos Rastra menjadi 10 kilogram per KPM tanpa tebusan.

“Jadi jumlah desa dan kelurahan yang dilayani untuk Kabupaten Sumbawa, untuk Bansos Rastra 157 desa dan 8 kelurahan. Pelaksanaannya sendiri, karena ini bersifatnya launching mulai besok alokasi untuk bulan januari langsung disalurkan di Kabupaten Sumbawa dan Sumbawa Barat,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa – Tri Karyati mengatakan, Dinas Sosial sebagai mitra. Untuk siapa yang nantinya akan mengawasi penyaluran ini sudah ditetapkan oleh Kementrian Sosial. Namun jika ada permasalah di lapangan bisa juga dikoordinasikan dengan pihaknya dan Perum Sub Divre Bulog Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *