Puskesmas Batulanteh Rencana Dijadikan Dua Unit

Sumbawa, PSnews – Hingga saat ini belum ada kepastian terkait rencana relokasi Puskesmas Batulanteh Kecamatan Batulanteh. Padahal Dinas Kesehatan Sumbawa sudah berkoordinasi dengan Camat setempat untuk mencari lahan, namun belum juga ada kejelasan.

Rencana relokas ini dilakukan karena lokasi Puskesmas yang ada saat ini dinilai sudah tidak layak. Ini juga merupakan keinginan masyarakat yang disampaikan dalam Musrenbang Kecamatan. Karena selama ini, akses masyarakat untuk mendapat layanan di Puskesmas setempat cukup sulit. Warga harus menapaki tangga terlebih dahulu lantaran lokasinya berada di lereng bukit. Kondisi ini tentu menyulitkan bagi masyarakat yang sedang sakit, apalagi sudah lanjut usia dan ibu-ibu yang sedang hamil. “Untuk relokasi, belum. Lahannya belum ada. Baru informasi-informasi yang perlu kita cek kembali kebenarannya. Katanya ada masyarakat yang bersedia menghibahkan tanah, tapi kita belum cek, itu masih informasi sepihak,’’ tutur Kepala Dikes Sumbawa – H Naziruddin kepada wartawan.

Untuk jangka panjang, tambah Haji Hazir, Puskesmas Batulanteh rencananya dijadikan dua unit, seperti yang ada di Kecamatan Sumbawa ada Puskesmas Unit I dan Unit II, serta yang ada di Kecamatan Labuhan Badas ada Puskesmas Labuhan dan Sebotok.

Dilanjutkan, untuk lokasi penempatannya masih dalam pengkajian, apakah akan dibangun di Desa Tepal atau Baturotok. Dibangunnya dua puskesmas ini nantinya diharapkan bisa melayani masyarakat yang ada diwilayah bagian atas Kecamatan Batulanteh. Sehingga mereka tidak terlalu jauh untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Meskipun sejauh ini ada pusti, hal itu dinilai sangat terbatas untuk pelayanan. ‘’Rencana kedepan kami Batulanteh itu dua puskesmas. Akan kita bangun untuk melayani masyarakat yang ada diatas. Sekarang masih perencanaan dulu,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *