Menteri Susi Salut dengan Potensi Kemaritiman Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Berbagai potensi yang dimiliki Kabupaten Sumbawa di sektor kelautan dan perikanan mendapat sanjungan dari Menteri Kelautan dan Perikanan RI Susi Pudjiastuti. Hal itu disampaikan saat menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional dan FGD Bidang Kemaritiman Forum Rektor Indonesia (FRI) di Kantor Bupati Sumbawa, Sabtu (12/8).

“Saya salut dengan potensi kemaritiman yang ada di Kabupaten Sumbawa. Bapak Bupati mengerti poin-poin apa yang dibicarakan dan jumlah ini menunjukkan potensi. Saya yakin dengan muspida yang dipimpin oleh seorang Bupati seperti ini bisa betul-betul mempercepat pembangunan dari ekonomi kemaritiman di Kabupaten Sumbawa,’’ ujar Menteri peraih Peter Benchley Ocean Awards, penghargaan bergengsi dalam bidang maritim dunia.

Suasana Seminar Kelautan di Kantor Bupati Sumbawa

Ia juga mengaku sudah cukup lama mendengar potensi yang dimiliki Kabupaten Sumbawa. Bahkan beberapa bulan terakhir sempat berdiskusi dengan salah satu tokoh nasional asal Sumbawa Prof Dien Syamsuddin. “Nama Sumbawa sudah lama saya dengar terutama beberapa bulan kebelakang dari Pak Dien Syamsuddin. Kalau laut, saya dari dulu hidup di laut. Usul tadi kalau Ibu Kota Negara dipindahkan ke Sumbawa saya sangat setuju, yang penting laut. Menjadi Ibu Kota Negara itu suatu proyek infrastruktur, segala sesuatunya harus disiapkan dengan luar biasa. Tapi apapun itu beratnya, kalau mau pasti bisa. Tidak ada hal yang tidak bisa,’’ tandasnya.

Termasuk terhadap potensi garam yang dimiliki Kabupaten Sumbawa saat pemaparan Bupati Sumbawa dalam kegiatan tersebut, Menteri Susi pun memberikan acungan jempol. “Bapak bilang di sini potensi garam luar biasa. Sangat benar itu Pak. Kalau saja PT Garam diberikan lahan, kita dorong PT Garam masuk segera. Karena PT Garam dari dulu ingin-ingin, tapi lahannya sudah dikuasai pengusaha besar yang menelantarkan lahannya. Kita ini tidak bisa maju. Maka dengan peraturan baru Bapak (Bupati, red) harus usul agar izin itu dicabut. Saya bantu dari Jakarta. Ini demi kemaslahatan rakyat. Kalau terus seperti ini, bagaimana manfaatnya untuk rakyat. Ini sesuatu yang tidak ada manfaatnya, ini tidak diperbolehkan Pak Bupati,’’ tegas Menteri Susi memberi dukungan ke Pemda.

Bahkan masuknya PT Bali Seafood ke Sumbawa pun mendapat apresiasi dari Menteri Susi. Menurutnya itu hal yang positif. Ia juga menyarankan Pemda Sumbawa untuk membuka pelelangan ikan agar para nelayan Sumbawa bisa mendapatkan harga penjualan ikan yang terbaik. “Saya dengar di sini (Sumbawa, red) ada Bali Seafood yang akan memproses ikan-ikan tangkapan nelayan. Itu satu apresiasi yang luar biasa. Nanti Pemda membuka pelelangan ikan, supaya para nelayan juga mendapatkan harga yang terbaik, karena ikannya dilelang. Saya juga sudah ngomong sama Pak Bupati, kalau bisa buka lagi runway bandara lebih banyak. Supaya pesawat masuk dari mana-mana. Yang paling penting di sini harus buka Bandara Internasional. Yang bisa bukan saja ke Jakarta, tapi ke Darwin dan Perth – Australia yang lebih dekat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Facebooktwitterlinkedinrssyoutube

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *